Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat AKBP France Yohanes Siregar mengimbau kepada masyarakat penggunaan jalan saat arus balik untuk mengutamakan keselamatan serta tertib berlalu lintas.

"Utamakan keselamatan saat arus balik, taati rambu-rambu maupun aturan berlalu lintas," kata AKBP France Siregar, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Disampaikan France, yang perlu diantisipasi yaitu keamanan dan keselamatan di jalanan terutama pada puncak arus balik libur Idul Fitri.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan berbagai antisipasi lonjakan penumpang angkutan umum dan juga keamanan masyarakat saat arus balik mudik yaitu dengan menyiapkan kendaraan arus balik gratis bagi masyarakat.

Selain itu, dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah pihaknya juga telah mendirikan pos gabungan baik pengamanan maupun pelayanan terutama di sejumlah titik rawan arus mudik dan arus balik.

"Semua kantor Polsek bisa digunakan masyarakat untuk beristirahat jika capek selama perjalanan, karena akan tidak baik jika memaksa diri, apalagi kalau mengantuk, harus istirahat ingat utamakan keselamatan ada keluarga dan orang-orang tercinta menunggu di rumah," katanya.

Dikatakan France, hingga saat ini terkait arus balik di wilayah Kapuas Hulu masih berjalan aman dan lancar, meskipun demikian bagi penggunaan jalan jangan terlena dan lengah.

"Untuk angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang paling utama yaitu keselamatan, kondisi kendaraan sebelum berangkat perlu di cek, kapasitas muatan juga perlu diperhatikan dan jangan ugal-ugalan di jalan apalagi jika saling mendahului, intinya tertib berlalu lintas dan taati aturan," pesan France.

Selain itu, dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban sehingga situasi selalu tercipta Kamtibmas yang kondusif.
Polres Kapuas Hulu Kalimantan Barat memberikan pelayanan balik mudik gratis bagi masyarakat di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Humas Polres Kapuas Hulu. (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023