Sebanyak 130 orang calon haji di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat mengikuti bimbingan manasik haji yang dilaksanakan pada 9 sampai dengan 14 Mei 2023.

"Manasik haji itu sangat penting dilaksanakan untuk memudahkan dalam melaksanakan ibadah haji nantinya di Tanah Suci," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, saat membuka manasik haji Tahun 2023, di Masjid Al Ikhlas Putussibau Utara Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Wahyudi, yang perlu menjadi perhatian para calon haji yaitu kesehatan dan fisik serta tata cara dalam melaksanakan ibadah haji.

Oleh karena itu, para calon haji harus benar-benar fokus dan serius mempersiapkan diri salah satunya dalam mengikuti manasik haji, sebab nantinya akan menjadi bekal ilmu pengetahuan untuk mempermudah pelaksanaan ibadah haji di Mekkah.

"Mudah-mudahan jamaah haji kita nantinya diberikan kemudahan dan keselamatan selama perjalanan dan menjadi haji yang mabrur, harapnya.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu Ali Fahruddin Nasution menjelaskan pelaksanaan manasik dimulai pada 9 sampai dengan 14 Mei 2023 yang diikuti oleh 130 orang calon haji.

"Manasik haji itu penting untuk diikuti oleh calon haji untuk memudahkan nantinya dalam melaksanakan ibadah haji di Mekkah," katanya.

Dia menyebutkan jumlah kuota haji Kapuas Hulu Tahun 2023 sebanyak 130 orang, setelah 2020 dan 2021 lalu tidak keberangkatan haji karena COVID-19.

Sedangkan, pada Tahun 2022 baru ada keberangkatan haji, hanya saja ada pembatasan dari pemerintah Arab Saudi.

Sementara itu, Ketua Panitia Manasik Tahun 2023 Nibung juga menambahkan manasik haji tersebut diikuti 130 orang calon haji dari Kabupaten Kapuas Hulu.

"Sebenarnya manasik haji ada 8 kali pertemuan, tetapi tidak memungkinkan untuk dilaksanakan di Kapuas Hulu sehingga dipadatkan kegiatannya," jelas Nibung.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023