Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Perbatasan 2023 atau yang ke-116 di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat kembali digelar sebagai bagian dari membantu upaya percepatan pembangunan daerah.

"Ini adalah program TMMD lanjutan yang berkesinambungan, kegiatan adalah membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan," ujar Komandan Kodim 1208/Sambas Letkol Inf Dadang Armada Sari saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa pada TMMD tahun 2022 yang lalu telah dilaksanakan pembukaan jalan sepanjang 4 kilometer dari Desa Lumbang, Kecamatan Sambas.

“Untuk tahun ini dilanjutkan pembangunan jalan tersebut sehingga nanti totalnya akan ada jalan sepanjang 7,5 kilometer,” jelas dia.

Ia menambahkan, selain beberapa kegiatan fisik,TMMD Reguler Perbatasan 2023 melaksanakan kegiatan non fisik berupa kegiatan pelayanan kepada masyarakat.

"Kegiatan non fisik diantaranya pelatihan pertanian, juga tentang bela negara dan wawasan kebangsaan. Didukung oleh pemerintah daerah juga Posyandu, Posbindu, pencegahan stunting. Kemudian dari Polres Sambas akan ada penyuluhan bahaya narkoba dan penanganan karhutla serta aspek lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat," jelasnya.

Ia meminta masyarakat, agar bisa memberikan dukungan dalam TMMD Reguler Perbatasan tahun ini di Desa Lubuk Dagang dan Desa Lumbang Kecamatan Sambas.

"Kami memohon kepada seluruh komponen masyarakat dan pihak terkait, untuk ikut sama-sama memberikan bantuan materiil maupun dukungan lainnya. Sehingga kegiatan ini berjalan aman dan lancar," jelas dia.

Sementara itu, Ketua DPRD kabupaten Sambas , Abu Bakar mengatakan sangat mendukung program TMMD Reguler Perbatasan yang dilakukan oleh Kodim 1208/Sambas.

"Kami DPRD Sambas sangat mendukung langkah dan program TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 1208/Sambas, program yang akan dilaksanakan dalam TMMD ke-116 ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat," ujar Abu Bakar, Rabu.

Ia berharap agar program yang dilakukan oleh Kodim 1208/Sambas tetap berlanjut.

"Kami siap melanjutkan program ini apabila dibutuhkan dalam hal anggaran dan intinya kami DPRD sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah, Bupati, Dandim dan seluruh unsur Forkofimda Kabupaten Sambas yang telah mendukung kegiatan ini. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," jelas dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023