Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meninjau dampak bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di bagian wilayah Kecamatan Bunut Hulu.

Bencana banjir melanda Desa Sungai Besar di Kecamatan Bunut Hulu pada Rabu (24/5), sementara Desa Riam Piyang yang juga berada di wilayah kecamatan itu menghadapi tanah longsor.

"Kami minta kepala desa segera menyampaikan laporan terkait data korban dan dampak bencana alam tersebut," kata Fransiskus pada Jumat, seusai meninjau dampak bencana alam di Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Ia mengatakan bahwa pemerintah kabupaten membutuhkan laporan dari pemerintah desa mengenai data dampak bencana alam di wilayahnya untuk membantu penanganan dan mengirimkan bantuan yang dibutuhkan.

 
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meninjau dampak bencana alam di Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu)



"Saya sudah arahkan kepala desa untuk segera menyampaikan laporan data ke BPBD Kapuas Hulu," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengatakan bahwa pemerintah daerah sudah menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam di wilayah Bunut Hulu.

"Penanganan sementara kami sudah salurkan bantuan logistik sembako seperti beras dan kebutuhan pokok," katanya.

Dia berharap pemerintah desa segera menyampaikan laporan mengenai dampak bencana di wilayahnya agar pemerintah kabupaten bisa menentukan langkah penanganan selanjutnya.


Baca juga: BPBD Kapuas Hulu salurkan bantuan untuk korban banjir di Ulak Pauk

Baca juga: Banjir menggenangi permukiman dan lahan pertanian di Kecamatan Embaloh Hulu

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023