Pemondokan jamaah calon haji di Sektor 8 Mekkah telah siap untuk melayani 22.940 jamaah dari embarkasi Aceh sebanyak 12 kloter dan 60 kloter dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede.

"Kami bentuk tim untuk verifikasi kamar insya Allah sudah siap semuanya," kata Kasektor 8 Mekkah, Ramza Husmen di Mekkah, Sabtu.

Ramza mengatakan pemondokan sektor 8 yang berada lima tower Hotel Al Kiswah tersebut juga disediakan fasilitas kamar khusus lansia.

Selain itu petugas juga menyiapkan fasilitas seperti kursi roda dan pemasangan stiker penanda untuk jamaah lansia.

Meskipun jarak Hotel Al Kiswah di kawasan Jarwal menuju Masjidil Haram berjarak sekitar 800 meter, jamaah calon haji juga dapat memanfaatkan layanan transportasi bus Shalawat yang melintasi kawasan tersebut.

Hingga Sabtu siang pukul 12.39 WAS, sebanyak 785 jamaah dari kloter BTJ 1 dan BTJ 2 telah menempati pemondokan dan telah melakukan umrah wajib.

Jumlah jamaah calon haji di Mekkah akan terus bertambah dimana pada hari ini sebanyak 6.277 jamaah dari 16 kloter akan tiba dari Madinah.

Baca juga: Menko PMK: Presiden Jokowi berpesan ke jamaah haji beribadah dengan baik

Baca juga: Calon haji Kalbar dijadwalkan berangkat 15-21 Juni dari Embarkasi Batam
 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Muhajirin Yanis menyatakan bahwa saat ini Kalbar telah mendapat tambahan kuota haji sebanyak 71 jamaah.

"Bersyukur Kalbar mendapat tambahan kuota haji sebanyak 71 jamaah. Terakomodasi semua jamaah haji cadangan yang sudah melakukan pelunasan. Kita hanya kurang 38 jamaah lagi untuk memenuhi kuota tambahan tersebut. Jika ini terpenuhi maka total jamaah haji Kalbar pada tahun 2023 sejumlah 2.590 orang," katanya di Pontianak, Jumat.

Terkait kualitas pelayanan bagi calon haji 2023, ia meminta kepada panitia penyelenggaraan ibadah haji Provinsi Kalbar untuk memaksimalkannya.

"Saya harapkan panitia harus terus meningkatkan pelayanan jemaah haji. Apa-apa kekurangan yang terjadi pada tahun lalu harus kita evaluasi dan lakukan perbaikan-perbaikan untuk ditindaklanjuti pada tahun ini. Terlebih pada tahun ini, Menteri Agama mengusung jargon Haji Ramah Lansia," katanya. Baca selengkapnya: Kemenag Kalbar dapat tambahan kuota haji sebanyak 71 jamaah
 

Pewarta: Wahyu Putro Arinto

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023