PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan bersama Universitas Tanjungpura Pontianak bekerja sama menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Tri Dharma perguruan tinggi untuk memperkuat pengembangan inovasi dan riset yang berdampak bagi masyarakat di Kalimantan Barat.

"Selain mendorong inovasi, kerja sama tersebut juga memperkuat upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang akan diintegrasikan melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kedepannya. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak," kata Pjs. Operation Head DPPU Supadio PT. Pertamina Parta Niaga,regional Kalbar, Zakaria, di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan  tahun ini DPPU Supadio akan bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan Untan untuk memanfaatkan limbah sabut kelapa di Desa Sungai Kupah sebagai desa binaan program CSR. Kerja sama juga dilakukan untuk pengembangan ekosistem mangrove sekaligus menciptakan nilai manfaat ekonomi dari mangrove yang dikelola.

"Setiap tahunnya, program CSR kami terus mengalami perkembangan, sehingga dibutuhkan sebuah inovasi dalam setiap implementasinya. Hal ini bertujuan untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada masyarakat dari program CSR yang dijalankan" tuturnya.

Di tempat yang sama Dekan Fakultas Kehutanan Farah Diba mengatakan kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan demi kesejahteraan masyarakat.

Pertamina, menurutnya, mitra baru bagi Untan, khususnya Fakultas Kehutanan, dalam upaya pelestarian alam di wilayah lokasi binaan CSR.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Radian menyampaikanaat ini pihak kampus sedang gencar dalam implementasi Program MKBM dan terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Kami sambut dengan baik, karena tentu akan banyak melibatkan pihak dan stakeholder dalam implementasi Tri Dharma perguruan tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Hairil Anwar yang mewakili Kepala Dinas LHK Kalbar menyampaikan Pertamina DPPU Supadio merupakan perusahaan yang berkomitmen dalam upaya pelestarian lingkungan di Kalimantan Barat.

"Terakhir, kami bekerja sama dengan DPPU Supadio dalam side event penanaman mangrove rangkaian acara BIMP-EAGA tahun 2022 di Sungai Kupah," kata Hairil.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023