Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melepas keberangkatan Kloter 1 jamaah calon haji asal provinsi setempat yang diberangkatkan dengan dua kali penerbangan pada Selasa.

"Untuk kloter pertama dari Kalbar akan diberangkatkan hari ini dan yang terakhir pada tanggal 20 Juni mendatang," kata Sekretaris Daerah Pemprov Kalbar Harisson di Pontianak.

Harisson menjelaskan, pemerintah Kalimantan Barat terus melakukan kesiapan guna memberangkatkan jamaah calon haji ke Tanah Suci Mekkah.

Menurut dia, jamaah calon haji asal Kalbar yang berjumlah 2.519 orang itu akan diberangkatkan dari hotel di kawasan Jl Perdana, Kecamatan Pontianak Selatan.

"Sebenarnya ada penambahan kuota, sebanyak 71 orang, tapi ini masih terus berubah. Dan memang penambahan ini secara nasional, kita mendapat tambahan dari Arab Saudi," jelasnya.

Untuk keberangkatan dia menjelaskan, dimulai sejak pukul 06.00 WIB. "Setiap hari itu ada dua kali penerbangan ke Batam, dari Batam baru nanti mereka menginap semalam dan diberangkatkan ke Arab Saudi," tuturnya.

Sementara saat berada di hotel, jamaah calon haji tersebut akan mengikuti pemeriksaan administrasi.

"Kesehatan sudah tidak lagi diperiksa dan dianggap beres di kabupaten kota. Kita cuma melihat dokumen-dokumen termasuk dokumen kesehatan," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023