Jajaran TNI di Kodim 1206 Putussibau kembali membangun akses jalan Desa Selangkai yang merupakan daerah pelosok di Kecamatan Silat Hulu, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Membantu kesulitan masyarakat itu memang salah satu tugas TNI termasuk membuka akses jalan di pelosok yang sulit dijangkau," kata Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatdmiko, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Ia mengatakan pembangunan akses jalan di daerah terisolir itu merupakan kerjasama antara Kodim 1206 Putussibau bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, yang merupakan salah satu wujud negara hadir di tengah masyarakat.

Menurutnya, kondisi masyarakat di daerah pelosok memang membutuhkan perhatian, oleh karena itu TNI hadir bersama pemerintah daerah untuk membuka akses transportasi masyarakat yang selama ini kesulitan khususnya transportasi darat.

"Sedikit demi sedikit akses masyarakat bisa terbuka, kami akan terus berupaya membantu pemerintah daerah hadir di tengah masyarakat," katanya.

Jatdmiko juga menyampaikan apresiasi atas karya bakti yang dilaksanakan Kodim Putussibau bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Luar biasa, saya bisa melihat langsung kondisi masyarakat di daerah pedalaman, semoga akses jalan itu bermanfaat bagi aktivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Kepala Desa Selangkai, Kecamatan Silat Hulu, Ahun mengatakan sebelum terbuka akses jalan tersebut, masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok, karena terkendala oleh akses transportasi darat yang sulit dilalui dan jarak cukup jauh.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas perhatian TNI dan pemerintah daerah, tentu jalan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat kami," katanya.

Ahun menuturkan Desa Selangkai memiliki penduduk sekitar 118 kepala keluarga atau sekitar 400 jiwa, dengan mata pencaharian berladang.

Dia berharap kedatangan Danrem 121/Abw bersama Bupati Kapuas Hulu ke desanya membawa semangat baru dan motivasi bagi masyarakat di Desa Selangkai.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menjelaskan untuk membantu infrastruktur jalan daerah pelosok pemerintah daerah memiliki keterbatasan anggaran, namun dengan  pemerintah daerah terus berupaya memberikan sentuhan pembangunan, salah satunya melalui karya bakti antara Kodim Putussibau dan pemerintah daerah.

"Desa Selangkai itu memang cukup jauh dan salah satu daerah terpencil, oleh karena itu, kami sangat apresiasi atas kerja sama Kodim Putussibau, sehingga akses jalan saat ini bisa dilalui," katanya.

Untuk diketahui, Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatdmiko juga memberikan bantuan sembako dan bendera merah putih saat berkunjung di Desa Selangkai, Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Untuk sampai ke lokasi Danrem di dampingi Bupati Kapuas Hulu dan Dandim 1206 Putussibau beserta rombongan dan pejabat penting lainnya, menggunakan kendaraan roda dua.

Sebagai informasi, Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, serta berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatdmiko bersama Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan memberikan bantuan sembako dan bendera merah putih kepada masyarakat Desa Selangkai, Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Pendim 1206/Psb. (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023