Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara  Agus Aprianto mengakui ada beberapa petugas tenaga kesehatan yang bukan dokter membuka praktik pengobatan yang diduga belum mengantongi izin hingga saat ini.

“Ada tenaga kesehatan tidak memiliki kewenangan praktek tapi membuka praktek mandiri.  Ia  bisa memberi layanan di unit yang ada saja, diluar itu mereka tidak bisa buka praktek  mandiri terkecuali dokter, dokter gigi maupun bidan praktek mandiri yang telah mendapatkan izin praktek," kata dia, Senin.

Ia pun mengungkapkan telah dilakukan penyelidikan oleh penegak hukum  di Kabupaten Kayong Utara beberapa tahun lalu terkait praktek pengobatan  mandiri yang diduga tidak memiliki izin resmi untuk membuka layanan kesehatan seperti melakukan pemeriksaan dan memberikan resep serta obat kepada masyarakat.

Agus menuturkan untuk tenaga kesehatan selain dokter maupun bidan yang telah memiliki izin praktek seperti tenaga kesehatan keperawatan boleh membuka praktek pelayanan kesehatan  khusus seperti perawatan luka untuk pasien diabetes.

“Praktek keperawatan untuk kasus tertentu bisa didirikan misalnya untuk penanganan luka kasus diabetes, tetapi dalam bahasa umum seperti berobat itu  tidak boleh. Sejak dari Kayong Utara berdiri itu yang paling dominan terjadi,” jelasnya.

Ia pun berharap agar ada kerjasama dengan pihak terkait untuk membantu mensosialisasikan agar praktek mandiri ilegal tidak menjamur dan dapat diatasi bersama.

“Penyimpangan penyimpangan itu masih, jadi kita berharap kontrol dari para kawan – kawan media juga bisa membantu terkait praktek penyimpangan tersebut," katanya.

Plt Kepala Dinkes dan KB Kabupaten Kayong Utara, Iwan Dwi Purnomo berharap agar rekan media yang ada di negeri bertuah tersebut bisa bersinergi membantu, memberikan saran yang konstruktif untuk memperbaiki kinerja terutama pelayanan di setiap unit kesehatan yang ada agar bisa diperbaiki untuk menjamin mutu pelayanan kepada masyarakat.

"Malam ini memang sengaja saya bersama kawan-kawan (para kepala bidang) Dinkes dan KB mengundang teman-teman Jurnalis Kayong Utara, tentunya bermaksud agar kita (Dinkes KB dan Jurnalis Kayong Utara) bisa bersama-sama membangun (sinergi) pelayanan kesehatan di daerah kita menjadi lebih baik," kata Plt Kadinkes Iwan.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023