Komandan Resort Militer 121 Alambhana Wanawai (Danrem 121/Abw) Brigjen TNI Pribadi Jatmiko berpatroli menggunakan sepeda motor melalui jalan pararel perbatasan Indonesia dan Malaysia dari Kabupaten Kapuas Hulu hingga Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat.

"Saya ingin melihat langsung kondisi perbatasan, baik kondisi masyarakat maupun prajurit yang bertugas di perbatasan," katanya, di Sintang, Kalimantan Barat, Senin.

Dalam patroli tersebut, kata dia, dirinya mengecek pos perbatasan yang dijaga Satgas Yon Armed 10/Brajamusti Kostrad dan mengunjungi beberapa desa di sepanjang perbatasan.

Menurut dia, sampai saat ini kondisi perbatasan aman dan kondusif yang dijaga ketat Satgas Pamtas di masing-masing pos pengamanan dan sejumlah wilayah rawan, terutama di jalur-jalur tidak resmi.

Dia berpesan kepada seluruh prajurit TNI yang bertugas di perbatasan agar melaksanakan tugas dan fungsinya dengan rasa tanggung jawab karena menjaga kedaulatan NKRI di perbatasan merupakan suatu kehormatan prajurit.

Oleh sebab itu, dia berharap agar prajurit selalu menjaga kesehatan, kekompakan, dan terpenting selalu dekat dengan masyarakat.

"Saya tekanan agar prajurit selalu hadir membantu setiap kesulitan masyarakat sesuai kapasitas dan kemampuan yang dimiliki," katanya.

Kedekatan dengan masyarakat, kata Jatmiko, merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI karena TNI bagian dari rakyat dan untuk rakyat.

Jatmiko mengajak seluruh masyarakat perbatasan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam menjaga kedaulatan NKRI di daerah perbatasan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023