Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menyiapkan posko penegakan hukum untuk menghadapi pemilihan umum (Pemilu) serentak Tahun 2024.

"Kami siapkan posko dan gakumlu dalam rangka Pemilu 2024 bersama tim yang telah dibentuk baik dari kepolisian maupun Bawaslu," kata Kepala Kejari Kapuas Hulu Safi, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Disampaikan Safi, posko pemilu tersebut sebagai tempat dalam penanganan sejumlah pelanggaran pemilu yang masuk dalam ranah hukum bersama Tim Gakumdu Kapuas Hulu.

Menurutnya, dari Kejari Kapuas Hulu juga telah menyiapkan tim yang akan mengawal penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

"Kami siap berkolaborasi dan sinergis dengan semua pihak untuk mendukung KPU dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024," katanya.

Selain untuk posko pemilu, Kejari Kapuas Hulu juga, kata Safi menyiapkan layanan pengaduan secara daring agar masyarakat dengan cepat dan mudah baik melaporkan maupun mendapatkan informasi hukum.

Dia berharap masyarakat proaktif untuk menyampaikan laporan terhadap beberapa persoalan hukum, sehingga akan ditindaklanjuti dan dapat penanganan hukum.

"Tentunya kami akan melindungi dan menjaga pelapor, untuk itu kami minta partisipasi masyarakat," ucapnya.

Tidak hanya itu, Safi juga mengajak masyarakat dan semua pihak mendukung kegiatan nasional yaitu Pemilu 2024 untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai.

"Kami selalu terbuka untuk bekerja sama dengan semua pihak dalam upaya penegakan hukum dan juga memberikan informasi dan edukasi tentang hukum," ujar Safi.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023