Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Tahun Anggaran 2023 sebagai upaya meningkatkan akses sanitasi yang layak menyasar 120 warga di Kota Pontianak yang kini dalam pengerjaan tahap kedua.

"Program Sanimas ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang tersebar di beberapa kelurahan di Kota Pontianak. Bantuan ini melalui pokok pikiran anggota Komisi V DPR RI Boyman Harun," kata anggota DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan program yang telah disosialisasikan tersebut bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat. Menurutnya dengan sanitasi sehat melalui bantuan pembuatan toilet dan lainnya maka banyak penyakit yang bisa dicegah.

"Bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat karena kesehatan yang baik akan berdampak positif pada produktivitas mereka," kata dia,

Ia juga mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan agar program pembangunan dapat terus berlanjut. Untuk mewujudkan kota yang sehat dan produktivitas penangan sanitasi menjadi penting.

"Mohon dukungan semua pihak termasuk penerima manfaat agar program ini berjalan lancar dan manfaat dapat dirasakan," katanya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Saigon, Herman menyampaikan terima kasih kepada anggota Komisi V DPR RI Boyman Harun dalam memperjuangkan nasib masyarakat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Bantuan Sanimas ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami dan akan meningkatkan kualitas hidup mereka," katanya.

Ia menjelaskan bahwa program pemerintah yang berfokus pada meningkatkan akses sanitasi dan kesehatan masyarakat di wilayah perkotaan dan pedesaan sangat dibutuhkan. Dengan adanya bantuan yang ada diharapkannya kondisi sanitasi masyarakat di Kelurahan Saigon akan semakin baik, dan potensi penyakit akibat lingkungan yang tidak sehat dapat dihindari.

"Semoga dengan kolaborasi antara dewan dan masyarakat serta dukungan dari para pemangku kepentingan, program Sanimas ini dapat berlanjut dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat kurang mampu di Pontianak," kata dia.


Baca juga: Warga Pontianak terbantu dengan Program Sanimas

Baca juga: Warga Pontianak dapat bantuan bedah toilet
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023