Relawan Rumah Zakat Kalimantan Barat bersama tim gabungan membentangkan Bendera Merah Putih berukuran besar di Pulau Sepandan kawasan Danau Sentarum, Kecamatan Batang Lupar perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Bendera Merah Putih yang kami bentangkan itu melibatkan sejumlah tim gabungan dan relawan untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan dan rasa nasionalisme," kata Manajer Rumah Zakat Kalimantan Barat Asrul Putra Nanda dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin malam.

Untuk diketahui, Bendera Merah Putih berukuran 20x8 meter itu dibentangkan pada Minggu (13/8) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Asrul mengatakan saat pembentangan Bendera Merah Putih kondisi Danau Sentarum mengering karena musim kemarau sehingga tim gabungan dan relawan menggunakan sepeda motor menuju Pulau Sepandan dengan penuh perjuangan berlumpur dan jatuh bangun karena licin.


 
Tim gabungan dan relawan Rumah Zakat Kalimantan Barat berjuang melewati lumpur untuk membentangkan bendera merah putih di Pulau Sepandan kawasan Danau Sentarum, Kecamatan Batang Lupar perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Rumah Zakat Kalbar (Teofilusianto Timotius)
 

Dia mengatakan salah satu alasan pembentangan Bendera Merah Putih di Danau Sentarum karena untuk menuju Pulau Sepandan dengan kondisi kemarau saat ini butuh perjuangan cukup ekstra dan tidak bisa menggunakan kendaraan air, tetapi menggunakan sepeda motor dengan kondisi berlumpur.

"Kita berharap dengan penuh perjuangan itu dapat membangkitkan semangat juang generasi muda dalam menggapai cita-cita, serta menumbuhkan semangat perjuangan dan nasionalisme," kata dia.

Selain membentangkan Bendera Merah Putih, Asrul mengatakan pihaknya melakukan bakti sosial dengan membagikan sejumlah sembako dan sepatu untuk sejumlah anak sekolah di Kecamatan Badau Kapuas Hulu.

"Kami membagikan 200 Bendera Merah Putih untuk warga agar dipasang atau dikibarkan di depan rumah masing-masing," ucap Asrul.

Asrul mengatakan pembentangan Bendera Merah Putih pernah dilakukan Rumah Zakat Kalimantan Barat bersama tim gabungan dan relawan pada Tahun 2022 di ekor Kalimantan di Laut Temajuk Sambas.

"Mohon doanya, Tahun 2024 kami menuju Betok Jaya Karimata Tua, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat," katanya.

Dia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, baik jajaran pemerintahan, perbankan, relawan, dan lapisan masyarakat yang terlibat dalam aksi pembentangan Bendera Merah Putih di Danau Sentarum dan aksi sosial pembagian sembako dan sepatu sekolah di Kecamatan Badau Kapuas Hulu.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023