Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Pembantu Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat menyiapkan sebanyak 900 ton beras yang dijual dengan harga terjangkau sebagai upaya menstabilkan harga beras di pasaran di wilayah Kapuas Hulu.

"Kami pastikan harga beras bulog di bawah harga pasaran untuk membantu masyarakat menghadapi kenaikan harga beras saat ini," kata Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Putussibau M Azwar Fuad, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Disampaikan Fuad, harga beras medium yang merupakan cadangan beras pemerintah (CBP) per 1 September 2023 di gudang bulog seharga Rp10. 250 per kilogram dan dijual kembali ke masyarakat dengan harga eceran tertinggi (HET) seharga Rp11. 500 per kilogram.

Menurutnya, harga tersebut cukup terjangkau jika dibandingkan harga beras saat ini yang mengalami kenaikan harga.

Salah satu contoh harga beras 07 di pasaran yang semula hanya Rp100 ribu per karung isi delapan kilogram, naik menjadi Rp110 ribu per karung.

"Kami sudah cek harga beras di pasaran rata-rata mengalami kenaikan harga 10 sampai 20 persen," ucap Fuad.

Oleh sebab itu, Bulog Putussibau terus berupaya untuk menekan kenaikan harga beras di pasaran dengan menghadirkan beras bulog yang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan beras pasaran dan harga murah untuk membantu masyarakat di tengah perekonomian yang cukup sulit.

Dia menyebutkan saat ini stok beras di Gudang Bulog Putussibau sebanyak 400 ton dan dalam waktu dekat akan datang lagi sebanyak 500 ton.

"Jumlah tersebut akan sangat aman untuk stok hingga Januari 2024 mendatang," katanya.

Selain beras, di gudang Bulog Putussibau juga masih tersedia daging beku sebanyak 350 kilogram, gula pasir sebanyak satu ton dan minyak goreng sebanyak 1.000 liter.

Dikatakan Fuad, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, selain menyediakan pasar murah di depan Kantor Bulog Putussibau, pihaknya juga menyuplai ke mitra yaitu rumah pangan kita (RPK) dengan jumlah 116 RPK tersebar di wilayah Kapuas Hulu.

Fuad mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu panik terkait ketersediaan beras untuk kebutuhan masyarakat, karena stok yang ada bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang sangat terjangkau.

"Masyarakat bisa mendapatkan beras murah di Bulog Putussibau atau di sejumlah RPK yang ada di tengah masyarakat dan untuk stok beras kita aman sampai Januari 2024, masyarakat jangan khawatir," kata Fuad.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023