Kekayaan kuliner Indonesia tak terbilang banyaknya, dan dengan beragam budaya dan kekayaan alam yang melimpah, setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain.

Di dalam dunia kuliner terdapat istilah Gastronomi yang mulai sering terdengar gaungnya. Apakah Gastronomi itu? Menurut penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Gastronomi diartikan sebagai "seni menyiapkan hidangan yang lezat".

Sementara dari website Kemenparekraf Indonesia menyatakan bahwa di dalam Gastronomi terdapat cara pembuatan, cara penyajian termasuk dalam pemaknaan makanan. Makanan Indonesia tidak hanya enak disantap namun masing-masing kuliner Indonesia turut menyimpan sejarah dan filosofi mendalam.

Gastronomi Indonesia dengan Sababay Winery kembali digelar untuk ketiga kalinya di Kota Pontianak, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2018 dan 2019. Seperti event-event sebelumnya, acara Gastronomi Indonesia kembali digelar di Hotel Gajahmada Pontianak guna menghadirkan kelezatan kuliner Indonesia yang dipadukan dengan kemewahan anggur dari Sababay Winery.

Sebanyak empat menu kuliner dengan rempah yang bercita rasa asin, pedas, gurih dan manis seperti asinan buah Betawi, opor putih ayam Kudus, sei sapi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan pisang goreng srikaya khas Pontianak buatan Chef Budi Lee yang dipairing dengan tiga jenis wine dan satu Saba dihidangkan dalam acara Gastronomy Indonesia bertajuk Winesday with Sababay di Gajahmada Ballroom, Hotel Gajahmada Pontianak, Sabtu (16/9) malam.

Namun tidak sekadar menyajikan hidangan yang diracik dengan piawai oleh Chef Budi, Gastronomi Indonesia menyandingkan keempat kuliner tersebut dengan empat varian produk dari Sababay Winery. Sebut saja asinan buah betawi yang disandingkan dengan anggur Pink Blossom, opor putih ayam kudus dengan anggur Magnolia, sei sapi NTT dengan anggur Ludisia dan ditutup dengan pisang goreng srikaya Pontianak dengan Saba Coffee Liqueur.

Direktur Pemasaran dan Inovasi Sababay Winery, Fidi Sjamsoedin menjelaskan bahwa kegiatan Gatronomi Indonesia pada tahun 2023 berkolaborasi dengan Chef Budi Lee. Dimana Chef Budi membuat menu makan malam yang lengkap yang dimulai dari menu pembuka, menu utama hingga menu penutup yang terinspirasi dari kekayaan rempah-rempah khas Indonesia yang beraroma kuat yang dipadukan dengan empat varian Sababay.

“Kami selalu mengselebrasi makanan Indonesia yang dipadu padankan dengan Sababay. Indonesia ini sangat kaya, baik dari bahan-bahannya juga dari makanannya. Jika kita tidak mengapresiasi, siapa lagi yang akan bercerita tentang gastronomi Indonesia?" ujar Fidi.

Fidi mengatakan bahwa dalam makan malam tersebut ia bersama Chef Budi banyak bercerita tentang cara pembuatan, bumbu-bumbu yang digunakan maupun asal usul dari makanan yang dihidangkan. Tujuannya agar para tamu mendapatkan pengalaman dalam menikmati sajian yang dihidangkan.

“Malam ini kita ingin mengajak para tamu untuk berjalan-jalan keliling ke beberapa kota di Indonesia dengan cara menyantap hidangan yang disajikan”, ujar Chef Budi Lee.

Chef Budi Lee memaparkan tentang proses yang Ia jalani untuk menyiapkan keempat hidangan khas Indonesia yang sarat akan rempah-rempah. Salah satunya menu opor putih ayam asal Kudus yang menggunakan santan dan sarat dengan rempah-rempah lainnya, dan ayamnya dibakar dengan arang terlebih dahulu.

“Kuliner Indonesia luar biasa, salah satu kuliner paling kaya di dunia dan salah satu kuliner paling bervariasi. Namun karena kita setiap hari menyantap, kita menganggapnya biasa. Padahal pendatang dari luar Indonesia sangat menikmatinya”, kata Chef Budi.

Sementara itu Fidi menambahkan bahwa pihaknya selalu memasukkan budaya dalam setiap hidangan. Salah satunya seperti pisang goreng srikaya khas Pontianak, yang menjadi salah satu kuliner khas kota khatulistiwa hingga banyak dijual di Jakarta dan kota lainnya.

“Pisang dan kopi, dua hal yang setiap hari bisa dinikmati di Pontianak”, kata Fidi.

Pada kesempatan itu hidangan pisang goreng srikaya yang bercita rasa manis disandingkan dengan Saba Coffee Liqueur. Bagi penyuka kopi, dapat mencoba varian Saba Coffee Liqueur dalam menikmati pisang goreng srikaya yang merupakan kuliner khas Pontianak.

 

Pewarta: Jessica Wuysang

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023