Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Feria Kowira mengatakan pemerintah kabupaten setempat berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal selama berlangsungnya Napak Tilas Perjuangan Pembangunan dan Budaya Ketapang pada 21 hingga 28 Oktober 2023.

"Tujuan kita tersedianya pendampingan tenaga kesehatan dan terlaksananya pelayanan kesehatan selama kegiatan Napak Tilas Perjuangan Pembangunan dan Budaya Kabupaten Ketapang Tahun 2023 berlangsung," ungkap Feria yang juga Koordinator Kesehatan Panitia Napak Tilas Ketapang di Ketapang, Selasa. 

Feria menjelaskan sasaran pelayanan kesehatan yakni tamu dan undangan. Kemudian panitia, pengisi acara, dan peserta hingga penonton dan masyarakat umum. "Kita melibatkan 168 tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, dan sopir ambulans," paparnya. 

Feria melanjutkan pada kegiatan ini pihaknya membentuk empat tim kesehatan yakni tim posko atau statis. Kemudian tim mobile atau tim gerak cepat, tim keamanan pangan, dan gizi serta tim rujukan dan IGD. 

Ia memaparkan tim posko atau statis meliputi Posko Balai Sungai Kedang. Posko Jalan Merdeka, Posko S Parman, Posko Kantor Bupati, Posko Panglima Tentemak Pengatapan. Kemudian Posko Tumbang Titi, Posko Makan Uti Usman dan Posko Kelampai. 

Selanjutnya Posko Teluk Keluang, Posko Pematang Gadung. Posko Simpang 4 Pelang dan Posko Negeri Baru (Makam Pengeran Iranata). "Selanjutnya Tim Mobile atau Gerak Cepat meliputi pendampingan penjemputan dan pengantaran tamu vip dan kegiatan meraton," ungkap Feria. 

Kemudian pada ziarah dan susur sungai meliputi Ketapang ke Makam Panglima Tentemak. Lanjut ke Tumbang Titi dan Jelayan. Tumbang Titi ke Makam Uti Usman, ke Kelampai, ke Teluk Keluang, ke Pematang Gadung. Selanjutnya ke Simpang 4 Pelang dan ke Makam Iranata. Selanjutnya saat long march dan peninjauan wisata Bukit Meranti Jelayan. 

Feria melanjutkan untuk Tim Rujukan dan IGD menyiapkan RSUD Agoesdjam sebagai fasilitas kesehatan (faskes) rujukan dan gawat darurat. Kemudian Tim Hotel dan Penginapan yakni pendampingan pelayanan kesehatan tamu VIP di hotel. 

"Kita menyiapkan peralatan kesehatan, obat-obatan, BMHP atau bahan media habis pakai, ambulans dan tenaga kesehatan. Tim kesehatan yang dilibatkan di antaranya RSUD Agoesdjam dan PSC 119," tutur Feria. 

"Kemudian Puskesmas Kedondong, Mulia Baru, Sukabangun, Tuan-Tuan, Sungai Besar dan Pesaguan. Serta Puskesmas Sei Melayu, Pemaham dan Puskesmas Tumbang Titi," kata dia.

 

Pewarta: Subandi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023