RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Pontianak menjadi satu di antara 17 instansi di Kota Pontianak yang menjadi target penilaian penghargaan Adipura 2023.

"UPT RSUD SSMA Kota Pontianak ini masuk sebagai salah satu titik pantau dari penilaian Adipura di Kota Pontianak," ujar seorang penilai dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Zaimah di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa tim penilai mengecek Tempat Pengolahan Sampah Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (LB3), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Ruang Incenerator dan Tempat Pembuangan Sampah 3R (Reduce,Reuse, Recycle),

"Kita melihat aspek dari penyediaan sarana dan prasarana seperti tempat sampah, tempat sampah terpilah, TPS 3R, TPS limbah medis sama IPAL-nya kemudian pemisahan dari limbah medis," ungkapnya.

Menurutnya, dari hasil pemantauan, ada beberapa titik yang disarankan harus ditambah penghijauan. Namun dia mengapresiasi untuk TPS Limbah B3 yang dimiliki RSUD SSMA.

"Saya acungi jempol untuk TPS limbah B3 rumah sakit ini sudah terpilah dengan baik, partisinya sudah bagus cuma nanti mungkin perlu dibikin rekap tahunannya," kata dia.

Selain itu, Zaimah menyarankan ada komposter sampah organik dari taman yang bisa diolah menjadi kompos untuk tanaman yang ada di RSUD SSMA. Disamping terus melakukan edukasi kepada pengunjung rumah sakit untuk membuang sampah secara terpilah.

"Di beberapa tempat sampah masih dicampur antara organik dan non organik di belakang, kemudian untuk IPAL yang di bio indikator kolam terakhir dilakukan perawatan berkala seperti pengurukan karena tadi kurang bagus agak coklat bening sehingga tidak sampai hitam diperlukan pengerukan berkala," pesannya.

Zaimah menambahkan bahwa penilaian Adipura mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 76 Tahun 2019 yang sudah ada indikator dan kriterianya. Pada Peraturan tersebut, salah satu poinnya adalah apa yang harus dipenuhi rumah sakit.

"Di situ ada range, nanti rumah sakit mau dapat poin berapa tinggal dilihat saja indikator kriterianya," terang dia.

Secara umum, hasil kunjungan pihaknya di RSUD SSMA sudah baik, selain beberapa saran yang harus ditambahkan oleh rumah sakit agar lebih baik lagi. Tidak hanya rumah sakit, sekolah, pasar, perkantoran, taman, ruang publik juga menjadi objek penilaian Adipura.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023