Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kalimantan Barat memberikan penguatan para perempuan yang tergabung dalam Persatuan Organisasi Perempuan Kalbar agar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Adanya kemajuan teknologi, harapan saya agar seluruh perempuan Kalimantan Barat dapat memanfaatkan teknologi ini dengan baik untuk mendapatkan wawasan dan kemampuannya dalam menggali potensi sehingga dapat menghasilkan produk dan jasa yang berbasis kreativitas dan inovasi," kata Penjabat Sekda Kalbar Mohammad Bari saat membuka Seminar Perempuan Kalimantan Barat Kreatif dan Inovatif di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak, Selasa.

Mohammad Bari menyatakan bahwa pembangunan ekonomi keluarga merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi dan sumber daya manusia.

Tidak hanya itu, peningkatan ekonomi keluarga berperan besar dalam membebaskan manusia dari kemiskinan, karena akan berdampak baik bagi kesejahteraan dan kenyamanan kehidupan keluarga.

"Oleh karena itu, melalui kegiatan seperti ini sangat penting agar perempuan mampu berinisiatif, kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kualitas diri dan kehidupannya dalam mengentaskan kemiskinan dan menjadi manusia berdaya bagi diri dan lingkungannya," tuturnya.

Dia menambahkan, peranan dan partisipasi perempuan sangat dibutuhkan dalam pembangunan kehidupan masyarakat dari semua sisi termasuk ekonomi. Namun, kondisi sosial dan pendidikan seringkali membatasi potensi perempuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri.

"Saya sangat berharap, dengan seminar ini diharapkan menjadi upaya pemberdayaan para perempuan guna memaksimalkan potensinya dalam berkreasi dan berinovasi sehingga mampu berkembang mewujudkan kesejahteraan keluarga dan perekonomian," katanya.

Mohammad Bari menyatakan bahwa kesetaraan gender yang menjadi salah satu program Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk menunjukkan komitmen pemerintah memberi ruang gerak seluas-luasnya bagi para perempuan untuk mengembangkan diri.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengimbau seluruh pihak terkait dan mitra pemerintah, seperti Badan Kerjasama Organisasi Wanita Kalbar, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalbar serta DP3A Provinsi Kalbar menjadi wadah sekaligus bimbingan bagi para perempuan untuk mengembangkan diri dalam meningkatkan kualitas kemampuan perekonomian.

 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Defita

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023