Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat, Alexander Wilyo mengatakan pembangunan padepokan pencak silat di Ketapang akan dibangun pada tahun anggaran 2024.

"Semoga pencak silat di Ketapang semakin maju, jaya dan nanti akan lahir atlit-atlit berprestasi yang mengharumkan nama Ketapang, baik di tingkat daerah, nasional maupun dunia," kata Sekda saat menutup Festival Seni Pencak Silat NU Pagar Nusa Se-Kabupaten Ketapang 2023 di Ketapang, Minggu.

Dalam sambutannya, Sekda mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada PSNU Pagar Nusa yang telah menyelenggarakan festival pencak silat sebagai upaya untuk mengembangkan dan melestarikan satu-satunya beladiri tradisional asli Bangsa Indonesia. 

“Harapan saya, kegiatan ini kita pertahankan dan laksanakan secara rutin setiap tahun. Oleh karena itu, saya minta Kadispora, agar tahun depan dapat bisa didukung kembali," ucap Sekda.

Berkenaan dilaksanakan saat peringatan Hari Pahlawan, menurut Sekda sangat tepat digelar.

"Karena saya tahu bahwa sejarah-sejarah bangsa kita membuktikan banyak tokoh bangsa ini lahir dari NU. Saya kira ini adalah sebagai bentuk apresiasi kita, bagaimana cara kita menghargai jasa para pahlawan," tutur Sekda.

Sekda juga menyampaikan terima kasih atas peran serta, keikutsertaan dan partisipasi PSNU Pagar Nusa dan seluruh perguruan silat pada saat acara Napak Tilas beberapa waktu lalu.

“Saya mewakili Pak Bupati mengucapkan terima kasih karena seluruh rangkaian acara Napak Tilas dibuka dengan acara adat dan dibuka dengan pencak silat. Jadi saya mengucapkan terima kasih kepada Pagar Nusa, yang waktu itu ikut andil di dalamnya,” kata Sekda.

Selain itu Sekda juga mohon doa restu dan mohon dukungan sehubungan dengan keinginan bersama dan menjadi kebutuhan bahwa pada tahun 2024 akan dimulai pembangunan GOR Indoor di Kabupaten Ketapang.

“Saya mohon dukungan semua agar pelaksanaan pembangunan ini berjalan lancar agar even-even seperti Festival Seni Pencak Silat NU Pagar Nusa ini dapat dilaksanakan di tempat yang representatif, tidak lagi menumpang di mall," ucap Sekda.

"Pergi ke hulu ke tanah yang lapang, Tikar dibentang dengan kain sutera. Jayalah selalu PSNU dan seluruh perguruan silat di Kabupaten Ketapang. Mari kita jaga bersama keharmonisan Kabupaten Ketapang menuju masyarakat maju dan sejahtera," pantun Sekda mengakhiri sambutannya.

Pewarta: Subandi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023