Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kapuas Hulu Agustinus Sargito memastikan pasokan kebutuhan pokok untuk Kabupaten Kapuas Hulu aman sampai akhir tahun, namun harga gula pasir dan ikan laut terpantau mengalami kenaikan.

"Untuk pasokan sembako aman, sejumlah harga sembako cukup terkendali, hanya saja gula naik dari Rp16 ribu per kilogram menjadi Rp16.500 per kilogram," kata Agustinus Sargito, kepada ANTARA, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa.

Disampaikan Sargito, dari hasil pemantauan  harga sembako di pasar dan pusat perbelanjaan di Kota Putussibau, beberapa harga sembako masih stabil.

Menurut dia, harga beras premium rata-rata  Rp15.400 per kilogram, sedangkan beras medium Rp12.500 ribu per kilogram.

Minyak goreng curah seharga Rp18 ribu per kilogram dan minyak goreng kemasan Rp20 ribu per liter.

Daging sapi seharga Rp170 ribu per kilogram, daging ayam Rp50 ribu per kilogram.

Kemudian, telur ayam rata-rata seharga Rp1.800 per butir, bawang merah Rp26 ribu per kilogram dan bawang putih seharga Rp40 ribu per kilogram.

Sedangkan, harga cabai rawit  Rp65 ribu per kilogram dan cabai kering seharga Rp90 ribu per kilogram.

Sargito mengatakan, beberapa kebutuhan yang mengalami kenaikan harga selain gula pasir di antaranya yaitu ikan laut seperti ikan tongkol yang semula Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp48 ribu per kilogram.

Selain itu, kacang tanah yang semula seharga Rp30 ribu per kilogram naik menjadi Rp32 ribu per kilogram, menyusul kacang hijau yang semula Rp24 ribu per kilogram, naik menjadi Rp28 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga sembako itu masih dalam kewajaran, akan tetapi secara keseluruhan harga kebutuhan pokok masih stabil," jelas Sargito.

Di tempat terpisah, Pimpinan Perum Bulog Cabang Pembantu Putussibau Azwar Fuad, Senin (13/11) kemarin, menjelaskan stok beras mencukupi untuk tiga bulan kedepannya dengan jumlah kurang lebih sekitar 432 ton terdiri dari beras premium dan medium.

"Stok beras kita aman sampai tiga bulan kedepannya, pada Desember mendatang juga akan masuk beras sebanyak 350 ton, jadi untuk beras Kapuas Hulu aman," jelas Fuad.

Sedangkan, stok gula pasir sebanyak 8 ton, minyak goreng 3.600 liter dan daging beku sebanyak 250 kilogram.

Dia menyebutkan untuk beras medium harga di gudang sebesar Rp10.250 per kilogram di luar biaya pikul muat, sedangkan beras premium seharga Rp13.750 per kilogram.

Untuk gula pasir seharga Rp17 ribu satu kemasan seberat satu kilogram dan daging seharga Rp85 ribu per kilogram.

"Kami bersama pemerintah daerah terus berupaya menstabilkan harga sembako dengan rutin melaksanakan operasi pasar murah, terutama menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru mendatang," kata Fuad.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023