Majelis Seni Budaya (MSB) Kota Singkawang menggelar Festival Budaya Nusantara di Rumah Adat Melayu Balai Serumpun, yang di ikuti sebanyak 17 Paguyuban yang ada di kota itu.

"Pada kegiatan ini tidak hanya menampilkan pagelaran budaya, tetapi juga berbagai macam kuliner seperti makanan khas dari Persatuan Keluarga Besar Batak Singkawang, Kerukunan Keluarga Banjar, Paguyuban Bali, Paguyuban Aceh, Paguyuban Jawa dan Ikatan Keluarga Sumatera Barat Padang (IKSB)," kata Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro di Singkawang, Selasa.

Kemudian makanan khas dari Dewan Adat Dayak (DAD), Kerukunan Keluarga Kawanua Maesa Singkawang (Manado), Makanan Khas Kepri Tembelan, Ikatan Keluarga Besar Kepulauan Riau, Paguyuban Flobamora, MABM dan masih banyak yang lainnya.

Dari puluhan stand makanan khas daerah yang ada tersebut, diserbu para peserta untuk bersama-sama dinikmati. Panitia juga menyuguhkan berbagai macam tarian dari 17 paguyuban yang ada di Kota Singkawang serta lomba tari kreasi sehingga acara semakin meriah.

Ketua Majelis Seni Budaya (MSB) Kota Singkawang, Mulyadi Qamal mengatakan, jika kegiatan yang digelar merupakan agenda rutin tahunan dengan melibatkan beberapa pihak seperti sekolah, sanggar dan komunitas maupun instansi perangkat daerah Kota Singkawang.

"Dalam.kegiatan ini kita juga mengundang semua paguyuban yang ada di Kota Singkawang," katanya.

Selain menampilkan berbagai macam kuliner, pihaknya juga menyuguhkan tari-tarian untuk acara hiburan.

Ke depan, dia berencana akan mengundang semua paguyuban yang ada di Indonesia, dengan begitu ada dampak yang positip bagi tingkat hunian dan lainnya di Kota Singkawang.

"Semoga saja bisa terwujud," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023