Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Satlantas, Jasa Raharja, Badan Narkotika Nasional Kabupaten, Subdenpom dan Organda Singkawag melakukan Ramp Check(inspeksi keselamatan) kendaraan umum di Terminal Pasiran dan Terminal Pasar Beringin Singkawang.

"Dalam kegiatan tersebut tim gabungan menurunkan alat timbangan portabel dari Dishub Kuburaya guna mengetahui berat muatan angkutan umum," kata kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Singkawang, Adi Haryadi di Singkawang, Jumat.

Dia mengatakan, Ramp Check  dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan jelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Untuk itu, katanya, dalam giat yang dilakukan pihaknya mengerahkan tim dari BNNK untuk langsung melakukan tes urine kepada supir angkutan umum.

"Alhamdulilah dari 12 orang supir yang di tes urine, semua hasilnya negatif dari penggunaan narkotika,"

Untuk temuan lain, seperti over dimensi dan lain sebagainya, menurutnya masih bisa ditoleransi.

Adi mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan adalah sebagai bentuk tanggung jawab dan upaya mensosialisasikan keselamatan dan kelayakan berkendara.

"Ramp check dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang wajib dipenuhi armada sebelum mengangkut penumpang. Pemeriksaan ini meliputi seluruh sistem keselamatan kendaraan," ungkapnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023