Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harisson, mengajak seluruh anggota Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia untuk memberikan dukungan menyukseskan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang saat ini terus berproses.

"Saya yakin bahwa pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dapat meningkatkan sumber pendapatan dan mendukung pertumbuhan perekonomian di seluruh Pulau Kalimantan. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh anggota APEKSI regional Kalimantan untuk terus mendukung proses pembangunan IKN," kata Harisson saat membuka Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan tahun 2023 di Pontianak, Kamis.

Menurut dia untuk mewujudkan pembangunan kota menjadi lebih maju, hal utamanya ialah harus mempunyai sumber pendapatan yang memadai.

Ia mengatakan, setiap permasalahan yang kita hadapi di kota masing-masing itu dapat terselesaikan jika adanya dukungan dari sumber keuangan yang tercukupi, agar uang pemerintah pusat berpihak ke Kalimantan, maka semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat harus mendukung kelancaran pembangunan IKN tersebut.

"Jika pembangunan IKN di pulau Kalimantan berjalan lancar, maka semua provinsi di Kalimantan ini akan menjadi lebih maju," tuturnya.

Harisson menjelaskan, pembangunan trans Kalimantan, pelabuhan internasional dan pusat energi di Kalbar, pusat ketahanan pangan di Kalteng dapat dengan mudah diselesaikan dengan adanya IKN di Pulau Kalimantan.

"Dengan terlaksananya pembangunan-pembangunan tersebut, maka otomatis pendapatan dan perekonomian di Kalimantan ini akan meningkat drastis," kata Harisson.

Selain itu Harisson juga menambahkan, perpindahan IKN ke Pulau Kalimantan juga menyebabkan tidak ada lagi istilah Java sentris ataupun Jawa sentris, yang ada hanya Indonesia sentris.

"Sudah saatnya Kalimantan maju, mari kita dukung pembangunan IKN di Kaltim terlaksana dengan baik," katanya.

Ia juga mengungkapkan, saat ini khususnya di Kota Pontianak sudah mulai terjadi pertumbuhan jumlah kendaraan, menyikapi hal tersebut, maka perlu kerja sama dari semua pihak untuk berkolaborasi mendukung pembangunan infrastruktur khususnya jalur transportasi.

"Tidak hanya Kalbar, kami juga mengajak seluruh provinsi-provinsi lain khususnya yang ada di Pulau Kalimantan untuk bekerja sama melakukan pembenahan maupun perbaikan dari berbagai aspek, agar mendukung terciptanya kelancaran dari pembangunan IKN tersebut," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Petrus A.B Kurnia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023