Aparatur Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa) Kalimantan Barat menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi kelompok pengolah durian "Cik Manas" Sukadana yang bertujuan untuk penguatan ekonomi masyarakat lokal sekaligus pelestarian lingkungan di wilayah penyangga kawasan konservasi tersebut.

"Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pelatihan intensif kepada anggota KTH Cik Manas agar mereka dapat meningkatkan keterampilan dalam pengolahan durian secara berkelanjutan dan memperoleh hasil yang lebih baik dalam usaha pengolahan durian sekaligus pelestarian ekosistem di sekitar Tanagupa," kata Kepala Resort Tanjung Gunung Faisal Riza di Sukadana, Senin.

Ia mengatakan kegiatan yang diinisiasi oleh Tanagupa  kepada  kelompok kemitraan  "Cik Manas" diharapkan mampu mengoptimalkan potensi durian lokal dan menciptakan produk-produk olahan berkualitas tinggi.

"Selain itu, diharapkan mereka dapat menginternalisasi praktik-praktik berkelanjutan dalam proses budidaya dan
pengolahan, sehingga dapat turut serta dalam menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah Tanagupa," kata dia.

Ia menceritakan, selama melaksanakan pendampingan terhadap kelompok masyarakat telah berdampak positif,  seperti peningkatan produktifitas dalam aspek agronomis serta diversifikasi produk untuk menghadapi tantangan pemasaran produk.

"Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan solusi dan dukungan konkret untuk menghadapi tantangan tersebut," tambahnya.

Ditambahkannya, kelompok kemitraan  Cik Manas telah menerima berbagai bentuk dukungan, termasuk pelatihan keterampilan, bantuan modal usaha, dan penguatan kelembagaan kelompok.

"Dampak positif ini diharapkan dapat memberikan dorongan tambahan bagi kelompok ini untuk terus berkembang dan berkontribusi pada pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan," katanya.

Kolaborasi bersama kelompok masyarakat  diharapkan terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi kesejahteraan dan keberlanjutan di wilayah sekitar Taman Nasional Gunung Palung.

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023