Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat (Kemenkumham Kalbar) bersama Lapas Singkawang melaksanakan kegiatan penggeledahan blok hunian dan pemeriksaan tes urine bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), untuk memastikan keamanan dan ketertiban di Lapas Singkawang, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan Kunci Pemasyarakatan Maju 3+1 yaitu deteksi dini gangguan kamtib, pemberantasan narkoba dan sinergitas serta back to basic pemberian pelayanan pemasyarakatan di lingkungan Lapas Singkawang menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 dan memastikan tidak ada barang terlarang yang berada di kamar blok hunian," kata Kabid Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Kalbar, Eka Jaka Riswantara, di Singkawang, Jumat.

Dia mengatakan, Divisi Pemasyarakatan Kalimantan Barat bersama Petugas Lapas Singkawang kali ini melakukan penggeledahan kamar blok hunian, untuk mencegah gangguan kamtib dalam rangka persiapan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Lingkungan Lapas Singkawang dan memastikan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Singkawang terjamin aman.

Eka mengingatkan kepada seluruh jajaran petugas Lapas Singkawang agar selalu waspada terhadap gejala gangguan kamtib, dengan diadakan penggeledahan kamar hunian ini diharapkan Lapas Singkawang aman dan tertib.

Adapun hasil dari penggeledahan ditemukan beberapa barang antara lain, beberapa senjata tajam pisau dari sendok stainless steel, palu besi, korek api gas, colokan kabel listrik, kaca kecil, pemanas air dan barang yang tidak boleh berada di kamar hunian.

"Selanjutnya barang-barang tersebut diinventarisir dan didata, dibuatkan berita acara untuk dimusnahkan," katanya.

Dalam pelaksanaannya, Divisi Pemasyarakatan juga melakukan tes urine terhadap perwakilan warga binaan sebanyak 10 orang.

Adapun hasilnya Negatif (-), hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di lingkungan Lapas Singkawang yang sudah menjadi komitmen bersama.

Eka Jaka Riswantara menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah preventif guna menjaga keamanan serta memastikan suasana yang kondusif selama perayaan Natal dan tahun baru 2024 bagi seluruh warga binaan Pemasyarakatan.

"Kemenkumham Kalbar dan Lapas Singkawang berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban pada lingkungan Pemasyarakatan demi terciptanya kondisi yang aman dan kondusif," kata dia.


Baca juga: Kadivpas Kanwil Menkumham Kalbar pastikan persiapan menjelang Idul Fitri berjalan lancar
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023