Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo yang juga bergelar Pendekar Wira Utama membuka Turnamen Pencak Silat Prestasi Sekda Cup II tahun 2023 di Lapangan Pelti Ketapang, Sabtu. 

"Kehadiran saya ini sebagai wujud komitmen serta konsistensinya dalam menjalankan amanah yang telah diberikan sebagai Ketua Dewan Pembina IPSI Kab. Ketapang. Hal ini tentunya demi kemajuan pencak silat di Kabupaten Ketapang," ujar Sekda saat memberikan sambutannya.

Sekda menjelaskan tujuan diadakannya turnamen ini adalah untuk mencari bibit-bibit pesilat muda potensial dalam kmenghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2024 nanti.

"Selain itu, turnamen ini juga dapat meningkatkan kemampuan para pesilat muda guna mewujudkan generasi pesilat tangguh yang dapat berpartisipasi dalam bingkai seni budaya pencak silat," ucapnya.

Adapun peserta turnamen ini terdiri dari 248 peserta yang mewakili 66 kontingen dari sekolah-sekolah se-Kabupaten Ketapang dan turnamen ini dilaksanakan selama empat hari, terhitung dari tanggal 16 Desember 2023.

Untuk kategori yang diperlombakan diantaranya laga putra dan putri, seni tunggal batu IPSI, seni ganda, serta seni solo kreatif.

Selanjutnya dijelaskan Sekda, bahwa seluruh peserta turnamen pencak silat ini juga telah didaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan. 

"Harapannya agar dapat memberikan rasa aman kepada atlet, orang tua atlet, maupun official dan pelatih. Semoga dengan semakin seringnya diadakan turnamen pencak silat, kedepan pencak silat Kabupaten Ketapang dapat meraih hasil maksimal pada Porprov Kalimantan Barat tahun 2026," pungkas Sekda.

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023