Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara Romi Wijaya secara resmi melantik Rene Reinaldy sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Pemkab Kayong Utara, di Sukadana, pada Jumat. 

Suasana haru dan hikmat melingkupi Aula Istana Rakyat di Kabupaten Kayong Utara saat pelantikan tersebut dilaksanakan. 

Pj Bupati Romi Wijaya menjelaskan bahwa proses pelantikan tersebut merupakan kelanjutan dari usulan internal Pemkab Kayong Utara.  

"Untuk usulan yang pertama memang dari kita, 3 bulan pertama sudah dilantik pak Erwin maka setelah 3 bulan regulasinya mengamanahkan itu dari provinsi," kata Romi Wijaya, dalam sambutannya saat pelantikan.

Dalam momen tersebut Romi menyampaikan pesan-pesan penting terkait tugas-tugas yang akan diemban oleh Rene Reinaldy. 

Pj Bupati menyoroti bahwa pada Jumat, 29 Desember 2023, sebagai hari terakhir masuk kerja di tahun 2023, memberikan peringatan akan pentingnya persiapan dan pertanggungjawaban yang matang dalam proses APBD 2023 (penyusunan laporan keuangan).

"Saya berharap prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan kualitasnya. Kita juga harus siap mengencangkan ikat pinggang menghadapi kondisi anggaran tahun 2024 yang mungkin lebih ketat," katanya.

Dalam konteks pengelolaan anggaran, Romi menyoroti keterlambatan dalam menyesuaikan dengan target kementerian, menggarisbawahi perlunya percepatan penyerapan anggaran di tahun 2024 untuk mendukung perekonomian daerah. 

Lebih lanjut dia menjelaskan tentang kesiapan menghadapi potensi rasionalisasi kembali di Januari untuk menghindari defisit APBD yang dapat mengganggu stabilitas keuangan daerah.

"Saya berharap pentingnya mempercepat penyerapan anggaran pada tahun 2024 untuk menghindari tidak idealnya," katanya. 

Dia menekankan bahwa dana APBD yang merupakan belanja pemerintah harus dapat mendongkrak aktivitas ekonomi di masyarakat yang pada gilirannya memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian daerah, sehingga perlu upaya optimalisasi dalam percepatan serapan anggaran. 

Melalui pelantikan ini, Pemkab Kayong Utara memberikan sinyal kuat bahwa mereka tidak hanya fokus pada kontinuitas administratif, tetapi juga menanggapi dinamika ekonomi dan keuangan daerah. 

Di tengah tantangan dan potensi perubahan, kehadiran Rene Reinaldy sebagai Penjabat Sekretaris Daerah diharapkan dapat menambah semangat fan motivasi yang positif dalam menjalankan tugas pemerintahan. 

Acara pelantikan juga dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Kayong Utara, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kayong Utara, Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Kayong Utara, serta tamu undangan lainnya.

Kehadiran Rene Reinaldy sebagai Penjabat Sekretaris Daerah menandai langkah baru dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Kayong Utara. 

Pelantikan ini tidak semata-mata kegiatan seremonial saja, melainkan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 91 Tahun 2019 yang memberikan kewenangan kepada Gubernur untuk menunjuk Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota.
Penjabat Bupati Kayong Utara Romi Wijaya menyampaikan pidato saat pelantikan Penjabat Sekda Kayong Utara, Rene Reinaldy, di Sukadana, pada Jumat (29/12/2023). (ANTARA/HO-Prokopim Kayong Utara)

Pewarta: Rizal MZ

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023