Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat atau Bank Kalbar membukukan laba sebesar Rp463,99 miliar pada 2023 baik dari sisi bisnis konvensional maupun unit syariahnya.

"Pertumbuhan laba sebesar 9,32 persen pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya tersebut ditopang dengan tetap tumbuhnya pendapatan bunga dan pendapatan operasional selain bunga, sejalan dengan semakin baiknya kualitas kredit yang diberikan," ujar Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi di Pontianak, Selasa.

Sementara terkait total aset pada 2023 tumbuh 6,66 persen di angka Rp25,15 triliun. Kemudian posisi likuiditas Bank Kalbar terjaga dengan baik yang tercermin pada pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 8,16 persen menjadi sebesar Rp18,97 triliun dan rasio dana murah (CASA) tetap baik mencapai 62,05 persen.

Kemudian untuk kredit yang diberikan tercatat tumbuh 7,67 persen atau menjadi Rp15,58 triliun, dengan kualitas portofolio kredit cukup terjaga pada posisi kredit macet atau NPL 1,86 persen jauh dari batas yang ditetapkan oleh regulator maksimal 5 persen.

"Bank Kalbar berhasil menjaga pengelolaan kualitas aset yang sehat melalui penerapan prosedur penilaian risiko yang sangat hati-hati dan teliti serta mendorong pemulihan kredit yang direstrukturisasi menjadi normal Kembali atau lunas," jelas dia.

Ia menambahkan dengan upaya yang ada tersebut NPL dapat dipertahankan di level yang aman. Bank Kalbar juga melakukan upaya berkelanjutan untuk perbaikan NPL melalui proses-proses penyelesaian kredit secara persuasif maupun pelelangan barang agunan.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh nasabah setia Bank Kalbar, Pemerintah Provinsi Kalbar, kabupaten dan kota selaku pemegang saham, seluruh anggota legislatif pada tingkat provinsi, kabupaten dan kota, insan Bank Kalbar serta masyarakat telah memberikan kontribusi maksimal kepada Bank Kalbar.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk terus membesarkan dengan cara mempergunakan seluruh produk dan jasa keuangan Bank Kalbar, mempromosikan Bank Kalbar kepada siapapun dan kesempatan apapun agar Bank Kalbar dapat terus tumbuh dan berkembang serta memberikan kontribusi sebesar besarnya kepada masyarakat Kalbar," ajak dia.


Baca juga: Bank Kalbar kerja sama dengan Kemenag Kota Singkawang

Baca juga: BPD Kalbar hadirkan edukasi keuangan sasar daerah perbatasan RI-Malaysia

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024