Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengatakan bahwa Kota Pontianak yang merupakan ibu kota provinsi memiliki peran strategis dalam pembangunan dalam berbagai hal sehingga harus selalu terdepan.

"Hari ini menjadi peringatan HUT ke-67 Pemprov Kalbar. Kota Pontianak telah menjalankan peran strategis sebagai pusat pembangunan perekonomian provinsi dan lainnya," ujarnya di Pontianak, Senin.

Ia mengatakan sejauh ini kerja sama Pemerintah Kota Pontianak dengan Pemerintah Provinsi Kalbar sudah sangat harmonis dan sejalan.

“Kota Pontianak memberikan dorongan bagi provinsi. Begitu sebaliknya, sokongan bantuan dari provinsi ikut mengembangkan perekonomian Kota Pontianak,” jelas dia.

Ia mengatakan dalam upaya mendorong perekonomian Kota Pontianak pihaknya akan memprioritaskan tiga program utama. Ketiga prioritas tersebut mencakup mengentaskan kemiskinan ekstrim, mempercepat penurunan stunting serta menekan inflasi. Ia yakin apabila diiringi dengan pelayanan publik yang optimal, percepatan pemerataan ekonomi di Kota Pontianak dapat tercapai.

“Sumber daya manusia diharapkan terus meningkat lewat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang sekarang,” katanya.

Berbagai tugas bersama diemban antara Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemkot Pontianak, seperti infrastruktur jalan, pendidikan hingga ketenagakerjaan. Saat ini, anggaran berpusat pada dinas yang menaungi pembangunan fisik guna membantu masyarakat yang belum mendapatkan hunian yang layak serta minimnya akses jalan pada beberapa lokasi di Kota Pontianak.

“Pontianak adalah kota perdagangan dan jasa, kita mengutamakan pembangunan yang sifatnya swakelola,” kata dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024