Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, telah merampungkan distribusi logistik ke daerah perairan untuk kebutuhan pemungutan suara di pemilu pada 14 Februari 2024.
 
"Untuk sembilan kecamatan ini kami telah menggeser atau mendistribusikan logistik ke tiga kecamatan perairan yaitu Kubu, Batu Ampar dan Terentang," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum Kubu Raya, Karyadi, di Sungai Raya, Jumat.
 
Ia menuturkan pendistribusian logistik ke daerah perairan ini menggunakan strategi khusus, yakni dengan dua tahap pengiriman. Tahap pertama telah dilakukan pada Jumat (2/2) dengan mengirimkan kotak suara dan bilik suara beserta kelengkapan yang ada di luar kotak suara. Dan pendistribusian tahap dua ini terdapat surat suara dan alat kelengkapan lainnya.
 
"Karena kita menimbang jalur yang digunakan memiliki potensi untuk berhadapan dengan cuaca dan kondisi alam, maka dalam proses distribusi ini kami telah berkoordinasi dengan pihak Bawaslu, TNI/ Polri, bahwa daerah perairan ini kita melakukan dua kali pengiriman," ujar Karyadi
 
Ia menjelaskan, ketika logistik Pemilu ini sampai di pelabuhan masing-masing kecamatan menggunakan transportasi air, maka akan diangkut menggunakan kendaraan berupa motor roda tiga, dan mobil bak terbuka untuk menuju titik pengantaran.
 
Proses pendistribusian ini terus dikawal dan diawasi oleh para personel dari TNI/Polri, Bawaslu, dan KPU.
 
Ia menambahkan jika surat suara yang dikirim menyesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap di tiap TPS dan ditambah dua persen, yang nantinya akan digunakan oleh daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus.
 
Ia berharap seluruh logistik yang telah dijadwalkan pengirimannya dapat didistribusikan sesuai dengan jadwal dan tiga hari sebelum Pemilu seluruh logistik telah berada di TPS. Pihaknya menghimbau kepada seluruh warga di Kubu Raya untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari dengan datang ke TPS menggunakan hak pilihnya.
 
Kordiv SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Bawaslu Kubu Raya, Juhardi mengatakan jika dalam proses pendistribusian logistik ini pihaknya telah berkoordinasi dengan para jajaran Bawaslu di tingkat kecamatan hingga desa untuk mengawal proses pendistribusian logistik ini.
 
Dikatakannya jika Panwascam saat ini sudah bersiap menyambut datangnya logistik Pemilu ini di tiap kecamatan, dan proses pendistribusian ini dikawal oleh dua orang dari Bawaslu Kubu Raya.
 
"Terdapat tiga kecamatan yang dituju, artinya ada tiga tim atau tiga kapal yang saat ini dalam proses pendistribusian, tiap kapal terdapat dua orang dari Bawaslu," ujarnya.
 
Ia berharap semua logistik Pemilu ini dapat rampung satu hari sebelum Pemilu 2024 dan menjadi tugas Bawaslu untuk memastikan hal itu.

 
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024