Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Barat memastikan kelancaran proses Pemilu 2024 di Kalbar dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan.

"Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, hari ini, saya bersama Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol. Pipit Rismanto, dan Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen Iwan Setiawan, melakukan kegiatan monitoring pelaksanaan dan pengamanan Pemilu," kata Pj Gubernur Kalbar, Harisson, Rabu.

Kegiatan yang dimulai dari Mapolda Kalimantan Barat ini diawali dengan menggunakan bus dan selanjutnya menggunakan sepeda motor untuk menjangkau Pelaksanaan Pemilu di Kelurahan Saigon Pontianak Timur pada Rabu.

Dua tempat pemungutan suara (tps) yang dikunjungi adalah TPS 055 di Jalan Sungai Landak Timur, dan TPS 037 di Jalan Padat Karya Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur.

Harisson menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menjaga situasi kondusif selama proses demokrasi berlangsung. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pelaksanaan Pemungutan Suara berlangsung aman, kondusif, dan tertib.

Di tempat yang sama, Kapolda Kalimantan Barat juga menegaskan pentingnya peran aparat keamanan TNI/Polri dalam menjamin keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung.

"Seluruh aparat keamanan TNI/Polri bersiaga penuh sampai waktu perhitungan nantinya. Untuk tps yang rawan, ada beberapa Personil yang ditugaskan untuk mengcover beberapa titik tps, dan yang penting masing-masing tps sudah ada kontak personal dan nomor telepon apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi akan kita respon dengan cepat, sedangkan untuk tps yang rawan tetap ada anggota yang menjaga di situ. Situasi Keamanan Kalimantan Barat sampai saat ini masih Aman dan Kondusif," kata Pipit.

Sementara itu, Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen Iwan Setiawan, menambahkan bahwa sinergitas antara TNI, Polri, dan Forkopimda sangat penting dalam memastikan kelancaran, keamanan, dan ketertiban pelaksanaan pesta demokrasi ini.

"Dengan adanya langkah-langkah tegas dan sinergi antara pemerintah dan aparat keamanan, diharapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kalimantan Barat dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif untuk mewujudkan proses demokrasi yang berkualitas dan terpercaya," kata Iwan.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024