Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jalan layang dengan anggaran kurang lebih Rp114, 4 miliar untuk mengatasi genangan banjir di ruas jalan nasional antara Kalis-Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"'Pile slab' itu untuk jalan layang guna mengatasi masalah banjir yang setiap tahun terjadi dan menghambat akses transportasi di jalan nasional terutama untuk angkutan umum dan pasokan kebutuhan pokok masyarakat," kata Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) 3.2 Provinsi Kalbar-Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 3 Provinsi Kalbar Daniel Dixon Octora, kepada ANTARA di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu.

Daniel mengatakan pembangunan "pile slab" itu merupakan pembangunan "pile slab" tahap dua, dimana sebelumnya "pile slab" juga dibangun dan sudah bisa digunakan masyarakat yang melintas di jalan nasional antara Kalis-Putussibau.

Untuk "pile slab" tahap dua yang mulai dibangun pada 17 Juli 2023 saat ini sedang tahap pembangunan pondasi tiang dan alas dengan progres sekitar 47,812 persen dari target pembangunan sesuai Dipa sepanjang 1 (satu) kilometer.

Ia menjelaskan target penyelesaian pile slab tersebut pada Juni 2024, namun karena adanya penurunan produktivitas kerja akibat proses pembebasan lahan yang dalam proses penilaian saat ini, maka sedang diusulkan perpanjangan sampai dengan Desember 2024.

"Usulan perpanjangan masa kerja saat ini sedang dalam pembahasan," ucapnya.

Daniel berharap semua pihak hingga lapisan masyarakat dapat mendukung kelancaran pembangunan "pile slab" tersebut.

Ia mengatakan pembangunan "pile slab" itu mengatasi masalah banjir yang terjadi setiap tahun yang menghambat arus lalu lintas sehingga berdampak pada ekonomi yaitu terhambatnya laju arus barang dan jasa ke Putussibau.

"Kita lihat bersama 'pile slab' tahap pertama dulu sudah bisa digunakan dan sangat membantu kelancaran akses transportasi, harapan kita 'pile slab' tahap dua itu bisa terbangun dengan baik dan lancar," katanya.

Diketahui, lokasi pembangunan "pile slab" di ruas jalan nasional antara Kecamatan Kalis dan Putussibau itu merupakan lahan gambut dan dataran rendah yang kerap kali digenangi banjir.
Jembatan layang di ruas jalan nasional antara Kecamatan Kalis-Putussibau, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat saat ini sedang dalam proses pembangunan sebagai upaya pemerintah mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi di daerah tersebut, Sabtu (24/02/2024). ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024