Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat meluncurkan sepeda listrik buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 02 Kapuas Hulu, pada Selasa.

"Jika sepeda listrik itu dikembangkan SMK 2 Kapuas Hulu bakalan ada produk unggulan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar Rita Hastarita, di Putussibau, Kapuas Hulu, Selasa.

Dikatakan Rita, pihak sekolah bisa mengusulkan produk unggulan untuk dikembangkan dan dapat diproduksi menjadi sumber penghasilan siswa dan sekolah, sehingga kreativitas siswa terus berkembang kedepannya.

Menurutnya, potensi kreativitas siswa SMK mesti terus dikembangkan sebagai generasi siap kerja bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan dengan ilmu serta inovasi dan kreativitas yang dimiliki.

Rita menjelaskan saat dirinya menghadiri pameran atau Expo SMK di Kapuas Hulu, yang dibuka Senin (4/3) banyak sekali produk-produk keterampilan siswa yang sudah cukup baik.

"Banyak kreasi siswa SMK di Kapuas Hulu ada makanan dan pakaian serta sepeda listrik itu tadi, nah kedepannya harus terus dikembangkan jangan habis di pameran saja," katanya.

Dalam kesempatan itu, Rita juga meluncurkan salah satu produk SMK yaitu bank mini bekerja sama Bank Kalbar sebagai edukasi literasi kepada para siswa untuk menabung.

"Saya rasa kreasi para siswa SMK di Kapuas Hulu sudah sangat bagus tentunya atas pembinaan dari para guru dan dukungan orang tua, ke depan itu perlu kita kembangkan," ucap dia.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat Rita Hastarita. ANTARA/HO-Disdikbud Kalbar. (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024