Perum DAMRI Pontianak ikut berkolaborasi dengan instansi/lembaga di Kalimantan Barat, dalam pembagian 1.700 tiket mudik gratis menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kuota saat ini erat kaitannya dengan kuota terdahulu, tahun 2023 terdapat 1.000 kuota mudik gratis dan tahun ini ditambah menjadi 1.700 karena melihat antusiasme masyarakat mengikuti program ini," kata Manajer Usaha Perum DAMRI Cabang Pontianak, Ahmad Bukhari, di Pontianak.

Pihaknya menyampaikan, 1.700 tiket itu diperuntukkan bagi 12 titik tujuan. Titik tujuan tersebut berupa semua kabupaten yang ada di Kalimantan Barat dengan pengecualian Pontianak dan Kubu Raya.

"Diharapkan 1.700 tiket itu nantinya digunakan oleh pemudik gratis untuk menuju salah satu dari 12 titik. Ya tergantung kampung halaman masing-masing begitu, jadi nanti mereka akan diturunkan di titik yang sudah ditentukan," katanya menjelaskan.

Ia melanjutkan, DAMRI sendiri sebagai salah satu operator dalam pembagian tiket mudik gratis, ada beberapa pihak lain yang ikut berkolaborasi sebagai pos pembagian tiket mudik gratis seperti Kepolisian Daerah Kalbar dan Jasa Raharja.

"Kami memprioritaskan pemudik yang memang tujuannya ke ibu kota kabupaten, seperti contohnya Kabupaten Sanggau, maka pemudik akan diturunkan di kota Sanggau. Sedangkan untuk rute-rute kecil akan menyesuaikan situasi dan kondisi," ujarnya.

Ia mengatakan, program mudik gratis ditujukan untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi saat pulang kampung. Karena berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi maka dapat mengurangi tingkat polusi sekitar. Walaupun tidak signifikan tetapi setidaknya sedikit berkontribusi, selain itu juga pastinya bagi pemudik, program ini dapat menghemat pengeluaran.

"Besar harapannya program ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita dari kaum menengah ke bawah untuk bisa mudik tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Sehingga kita semua bisa bertemu dengan keluarga di kampung halaman masing-masing tanpa adanya hambatan berupa biaya transportasi," kata dia.

Baca juga: Angkutan Lebaran di Pontianak belum terjadi lonjakan

Baca juga: Dishub Kalbar tambah kapal untuk layani pemudik dari pelabuhan Rasau Jaya

Pewarta: Jonathan/Magang Prodi Sejarah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024