Polres Kubu Raya Kalimantan Barat memastikan keamanan penumpang mudik dan arus balik pemudik lebaran guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan arus lalu lintas di Bandara Supadio yang berjumlah 8.686 penumpang dari 50 kali penerbangan.
 
"Angka tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Petugas Gabungan Ops Ketupat Kapuas 2024 bersama stakeholder terkait yang melekat di Pos Pengamanan Lebaran Tahun 2024 di Bandara Internasional Supadio, dan Terminal ALBN Sungai Ambawang," kata Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade di Sungai Ambawang, Senin.
 
Kabag Ops Polres Kubu Raya, AKP Much. Shofian melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade menjelaskan, pemantauan yang dilakukan oleh petugas gabungan TNI-Polri beserta stakeholder terkait itu, didapat jumlah penerbangan yang menuju Bandara Internasionla Supadio mencapai 25 penerbangan dengan 3.932 penumpang, sedangkan jumlah keberangkatan dari Bandara Internasional Supadio mencapai 4.754 penumpang dengan 25 kali penerbangan.
 
"Berdasarkan data tersebut Bandara Supadio menunjukkan tren pergerakan penumpang datang dan berangkat cenderung mengalami peningkatan sebanyak 2.035 orang dibanding pada hari sebelumnya yakni Sabtu," kata Ade.
 
Sedangkan Terminal ALBN Sungai Ambawang, total kedatangan dan keberangkatan mencapai 1.114 penumpang dengan rincian keberangkatan 440 penumpang dan kedatangan 674 penumpang.
 
Ade menerangkan, pemantauan arus mudik Lebaran 1445 H/ 2024 yang dilakukan petugas gabungan Ops Ketupat Kapuas 2024 Polres Kubu Raya untuk mengantisipasi berbagai faktor gangguan kamtibmas, serta demi kelancaran arus mudik dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik, baik dari persiapan sarana dan prasarana transportasi, aspek keselamatan hingga manajemen rekayasa lalu lintas.
 
Menurutnya, Forkopimda bersama instansi terkait di Kabupaten Kubu Raya telah berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pemudik lebaran 2024, diharapkan dengan hadirnya petugas gabungan dalam Operasi Ketupat Kapuas 2024 dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta kelancaran arus mudik hingga aspek keselamatan bagi pemudik.
 
Masyarakat yang melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2024 mengaku puas atas kinerja Polri serta instansi terkait, karena arus mudik dan arus balik dinilai berjalan lancar.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024