Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo membuka Gelar Talenta Pendidikan Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin. Kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan di Ketapang yang menggabungkan beberapa kegiatan dalam satu event besar. 

Sekda memaparkan, Gebyar Talenta Pendidikan ini meliputi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Kemudian Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Serta Gala Siswa Indonesia (GSI) dan Pameran Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

"Dengan menggabungkan kelima kegiatan ini dalam satu wadah. Kita ingin menyampaikan pesan bahwa pendidikan di Ketapang adalah holistik dan inklusif. Kita tidak hanya fokus pada pengembangan aspek akademik saja. Tapi juga mengembangkan bakat, minat, serta kesehatan fisik dan emosional siswa," tuturnya.

"Jadi kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pembuktian kemampuan. Tapi lebih dari itu, yakni sebagai medium pembentukan karakter dan mengasah minat bakat generasi muda yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan," lanjut Sekda.

Sekda berpesan kepada para peserta kegiatan bahwa setiap tantangan yang dihadapi dan setiap kegagalan yang mungkin dialami adalah bagian dari proses belajar. Jadikan lah setiap pengalaman sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik.

"Kalian yang menjadi juara nanti akan menjadi wakil Ketapang pada lomba ataupun pertandingan tingkat Provinsi. Ini adalah prestasi yang luar biasa. Bahkan jalur prestasi itu bisa kamu pilih untuk meneruskan sekolah jenjang berikutnya," ungkap Sekda. 

"Kepada yang belum juara, tidak perlu perkecil hati. Kalian yang mewakili kecamatan adalah yang terbaik yang ada di kecamatan kalian. Terus berlatih dan pantang menyerah. Masih ada kesempatan mengikuti kegiatan dan menjadi juara di tahun depan," tambah Sekda.

Sekda juga berharap agar Gelar Talenta Pendidikan ini menjadi langkah maju bagi pendidikan di Ketapang. "Termasuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, yaitu melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera," harap Sekda.

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024