Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat., melantik sebanyak 115 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) setempat sekaligus meminta anggota badan ad hoc itu agar  menjaga integritas dan profesional dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 di daerah itu.

"Laksanakan tugas dengan menjaga integritas dan profesional agar semua tahapan pilkada berjalan sukses dan lancar, sehingga terwujud pilkada yang berkualitas," kata Ketua KPU Kapuas Hulu Muhammad Yusuf pada acara pelantikan PPK tersebut, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis.

Yusuf mengatakan pihaknya melantik sebanyak 115 orang PPK  untuk bertugas di 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka penyelenggaraan pilkada pada 27 November 2024.

"Kepada anggota PPK yang baru saja dilantik itu segera menyesuaikan diri, mengingat tahapan pilkada 2024 cukup padat," ujarnya.

Dia menyebutkan tahapan pilkada 2024, yaitu pembentukan badan ad hoc sejak 17 April 2024, pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih mulai 31 Mei - 23 September 2024, dan pemenuhan syarat pencalonan perseorangan sejak 8 Mei hingga 12 Mei 2024 tidak ada yang menyampaikan berkas.

Kemudian, kata dia, untuk pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu akan dilaksanakan pada 24 Agustus - 22 September 2024. Sedangkan pemungutan dan perhitungan suara dilaksanakan pada 27 November 2024 serta dilanjutkan rekapitulasi pada 28 November - 16 Desember 2024.

"Dari semua tahapan itu, PPK memiliki peran strategis dan harus proaktif bekerja sama dengan semua pihak agar tahapan demi tahapan dapat berjalan lancar dan sukses," ucapnya.

Yusuf berpesan agar dalam melaksanakan tugas PPK selalu menegakkan nilai-nilai dasar lembaga dengan menanamkan nilai profesional, mandiri dan berintegritas.

"Sebagai penyelenggara berikanlah pelayanan yang terbaik kepada peserta dan pemilih dan semua pihak terkait, sebab untuk mewujudkan Pilkada yang aman, sukses dan berkualitas merupakan tanggung jawab kita bersama," pesan Yusuf.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024