Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 dengan mendatangkan salah satu penyanyi dangdut ibu kota untuk menarik perhatian masyarakat dalam hiburan rakyat untuk sosialisasi tahapan Pilkada di daerah tersebut.

"Peluncuran tahapan Pilkada bagian dari sosialisasi yang kami lakukan untuk masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu, setelah pemilu serentak yang sudah dilaksanakan, tahun ini kembali kita akan laksanakan Pilkada serentak pada 27 Nopember 2024 mendatang," kata Ketua KPU Kapuas Hulu Muhammad Yusuf, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu.

Yusuf mengatakan pada pelaksanaan Pilkada 2024, selain Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, juga dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu dengan dua tahapan besar yaitu tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.

Ia menjelaskan untuk tahapan persiapan antara lain yaitu tahapan perencanaan program dan anggaran, penyusunan peraturan, pembentukan badan ad hoc, pendaftaran pemantau pemilu dan penyusunan daftar pemilih.

Sedangkan, tahapan penyelenggaraan diantaranya pemenuhan syarat dukungan calon perseorangan yang sampai dengan berakhirnya pendaftaran pada 12 Mei 2024, tidak ada bakal calon yang mendaftar sehingga pada saat pendaftaran pasangan calon sudah dipastikan tidak ada yang menggunakan jalur perseorangan.

Kemudian, pada tahapan pencalonan dari mulai pendaftaran hingga penetapan pasangan calon dimulai pada 27 Agustus sampai dengan 22 September 2024.

Tahapan kampanye dimulai pada 25 September sampai dengan 23 November 2024 dan untuk pemungutan suara pada 27 November 2024.

Yusuf berharap dukungan semua pihak dalam mensukseskan tahapan hingga pelaksanaan pilkada mendatang, terutama masyarakat untuk proaktif bekerja sama cerdas dan kritis untuk menyukseskan pilkada yang aman dan sejuk.

"Kami butuh dukungan semua pihak untuk melancarkan seluruh tahapan pilkada sehingga kita akan menuju Pilkada Kabupaten Kapuas Hulu yang berkualitas dan berintegritas," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengatakan peluncuran tahapan Pilkada 2024 mengisyaratkan kepada seluruh masyarakat bahwa tahapan pilkada sudah dimulai.

"Meskipun masih enam bulan lagi, tetapi sosialisasi harus sudah dimulai dari saat ini supaya kita semua mengetahui pelaksanaan pilkada dan turut serta berpartisipasi menyukseskan Pilkada 2024," kata Wahyudi.

Wahyudi berharap kepada pihak penyelenggaraan pilkada baik itu KPU dan Bawaslu untuk dapat meminimalisir kendala yang dihadapi pilkada serentak.

Selain itu, KPU Kapuas Hulu juga diminta untuk memahami dan melaksanakan aturan dalam penyelenggaraan pilkada, sehingga terwujud pilkada yang aman, jujur, adil, profesional dan berintegritas.

"KPU juga harus memaksimalkan pembinaan untuk petugas pilkada seperti PPK dan PPS dengan tujuan agar dapat melaksanakan tugas dengan profesional," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wahyudi juga menekankan agar semua pihak dan elemen masyarakat untuk mengawal semua tahapan hingga pelaksanaan pilkada mendatang.

Wahyudi mengatakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu bukan sekedar ajang partisipasi dalam mewujudkan kedaulatan rakyat, akan tetapi bagian yang sangat penting dari transformasi politik menuju konsolidasi demokrasi bagi masyarakat Kapuas Hulu.

"Oleh karena itu, berkualitas atau tidaknya pilkada tergantung pada masyarakat itu sendiri, mari kita sukseskan bersama, jaga keamanan serta wujudkan pilkada yang aman dan damai," pesan Wahyudi.

Sebagai informasi, KPU Kapuas Hulu meluncurkan tahapan pilkada dengan mendatang seorang penyanyi dangdut untuk menarik perhatian masyarakat agar menghadiri peluncuran Pilkada yang dipusatkan, di Stadion Gelora Uncak Kapuas Kota Putussibau, Jumat malam (24/5).
 
Peluncuran Pilkada serentak tahun 2024 di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024