Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson menekankan kepada para petugas haji untuk memberikan layanan maksimal kepada para calon haji asal Kalbar, dengan tujuan agar jamaah haji dapat dengan nyaman dan khusuk dalam menjalankan ibadahnya.

"Saya tekankan khusus kepada petugas haji untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin agar jamaah bisa beribadah dengan tenang," kata Harisson saat melepas 2.593 calon haji Kalbar di Pontianak, Senin.

Harisson mengatakan, setelah melalui tahap-tahap persiapan mulai dari Manasik Haji hingga sampai saat ini siap untuk berangkat, dirinya berharap gar para calon haji Kalbar dapat menjalankan ibadah dengan penuh kemudahan dan menjalankan rukun-rukun haji dengan tertib dan lancar.

Menurutnya, rangkaian perjalanan ibadah haji sejak di kampung halaman sampai ke tujuan di Tanah Suci merupakan suatu perjalanan panjang yang pasti sudah dipahami oleh para calon haji.

"Yang terpenting saya harapkan kepada para calon haji untuk benar-benar menjaga stamina selama di tanah suci. Terutama saya tekankan pada saat 16 hari menjelang wukuf di Padang Arafah, karena proses paling penting selama berhaji itu di Arafah. Jadi saya minta jaga betul-betul kondisi kesehatan, dan kurangi aktivitas-aktivitas yang tidak begitu penting," katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa kondisi cuaca di Makkah mencapai 42 sampai 48 derajat celcius, oleh karenanya ia mengingatkan kepada para calon haji untuk menjaga kondisi tubuh.

"Saya minta kepada bapak dan ibu selama berada di tanah suci untuk dapat mengatur waktu di tengah cuaca panas selama di Makkah, kurangi kegiatan-kegiatan yang kurang mengena, apalagi lebih banyak berbelanja ke Mall, lebih baik saya sarankan untuk perbanyak beribadah di Masjid, kan ada AC jadi bisa terjaga kondisinya," kata Harisson.

Tidak hanya itu, dirinya berpesan kepada para calon haji untuk melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya, dengan niat yang tulus dan ikhlas.

"Melaksanakan ibadah sesuai dengan tuntunan yang telah diberikan, dan patuhilah ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Jaga kesehatan fisik dan istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih makan buah-buahan, dan makanan yang bergizi, agar mampu menunaikan ibadah Haji dengan sempurna," kata Harisson.

Terakhir Harisson berpesan, kepada  jemaah untuk menjaga nama baik dan junjung tinggi martabat Bangsa dan Daerah, baik selama di perjalanan, maupun di Arab Saudi dengan bersikap santun, tertib, berlapang dada, ikhlas, tidak mudah tersinggung, serta menghindarkan sifat-sifat emosional.

"Hormatilah dan taatilah undang-undang dan peraturan-peraturan Negara Arab Saudi, dan jadilah sebagai Tamu Allah yang baik. Berdoalah saat berada di tempat-tempat yang makbul untuk berdoa, demi keselamatan dan kebahagiaan keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara, serta laksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya, menjalankan seluruh rukun, wajib dan sunat haji secara sempurna, semoga saudara sekalian menjadi haji dan hajjah yang mabrur,-mbrurah" kata Harisson.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024