Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) menghadirkan pasar murah menyambut Idul Adha 1445 H dalam rangka membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

"Kami melaksanakan pasar murah hari ini dalam rangka menyambut Idul Adha, mudah-mudahan masyarakat di Kota Pontianak ini bisa terbantu dan daya beli meningkat," ujar Pejabat Wali Kota Pontianak, Ani Sofyan saat hadir membuka pasar murah di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin.

Ia menjelaskan bahwa pasar murah di Kota Pontianak dilaksanakan secara bergilir di enam kecamatan pada 10-15 Juni 2024.

"Tanggal 10 Juni 2024 ini di Pontianak Barat, 11 Juni di Pontianak Kota, 12 Juni di Pontianak Selatan, 13 Juni di Pontianak Tenggara, 14 Juni di Pontianak Timur, dan 15 Juni di Pontianak Utara," kata dia.

Ia memaparkan adapun komoditas utama yang dijual adalah paket sembako berisi beras 5 kg, gula pasir 1 kg dan minyak goreng 1 liter dengan harga Rp70.000 per paket.

"Gula dan minyak makan itu gratis yang bayar cuma berasnya saja. Jadi tiga komoditas itu di pasar totalnya Rp108.000 kalau di sini Rp70.000," katanya.

Menurutnya, setiap kecamatan disiapkan 400 paket minyak, telur dan gula serta target yang diharapkan adalah masyarakat kurang mampu.

"Untuk total keseluruhan paket yang disediakan adalah 2.400 paket di luar telur dan sayur," katanya.

Ia mengatakan bahwa alasan pemilihan tiga komoditas utama yaitu beras, gula dan minyak adalah karena jika melihat dari inflasi maka tiga komoditas tersebut yang harganya sering turun naik termasuk juga dengan sayur dan telur.

"Kami buka kesempatan seluas luasnya bagi masyarakat karena jika habis hari ini, masyarakat bisa ke kota, ke selatan, timur dan tenggara dan utara," katanya.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024