Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio mengatakan telah memberikan keringanan kepada penumpang terdampak dari penundaan penerbangan tersebut dengan menanggung akomodasi dan penginapan.

Ia menjelaskan, hari ini pihaknya telah memberangkatkan penumpang tujuan Jakarta yang penerbangannya sempat tertunda akibat kendala pada lampu landasan pacu di Bandara Supadio.
 
"Kemarin terjadi masalah pada lampu landasan pacu kami, namun masalahnya sudah selesai semua. Para penumpang telah diberangkatkan hari ini," ujar EGM Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio, Iwan Sutisna di Sungai Raya, Senin.
 
Terdapat sekitar 280 penumpang dari dua maskapai yakni Super Air Jet dan Citilink tujuan Jakarta yang harusnya bertolak dari Pontianak terpaksa ditunda.
 
Sedangkan tiga maskapai tujuan Pontianak yakni Citilink dari Surabaya, dan Super Air Jet serta Lion Air dari Jakarta juga terpaksa ditunda hingga keadaan memungkinkan untuk melakukan penerbangan.
 
"Namun memang karena hal tersebut ada yang terkendala, ada beberapa penerbangan yang tidak bisa berangkat ataupun mendarat ke sini dari Surabaya, dan Jakarta," tuturnya.
 
Ia mengatakan dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan penerbangan pihaknya harus mengambil langkah tegas karena hal ini berkaitan dengan keamanan penerbangan, sehingga pihaknya memutuskan untuk menahan lima penerbangan dari dan menuju Bandara Supadio.
 
"Dikarenakan kondisi dan kami khawatir terkait keamanan penerbangan, sehingga kami memutuskan untuk melakukan perbaikan segera," ujarnya.
 

Baca juga: 330 calon haji Kalbar telah diberangkatkan hari ini


Baca juga: BMKG Supadio mengimbau masyarakat waspadai hujan lebat

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024