Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat melaksanakan pelatihan pemadaman kebakaran pemukiman untuk memperkuat ketangkasan dan keterampilan petugas dalam menanggulangi kebakaran pemukiman warga.

"Pelatihan itu untuk menambah ketangkasan dan ketangguhan personel BPBD Kapuas Hulu menghadapi musibah kebakaran," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kapuas Hulu Yanto Susanto di Putussibau, Rabu.

Ia mengatakan pelatihan diikuti 32 pegawai BPBD Kapuas Hulu, sedangkan materi pelatihan selain teori juga simulasi pemadaman kebakaran pemukiman warga, teknis pemadaman, dan upaya penyelamatan.

Ia berharap, pelatihan tersebut menambah wawasan pegawai BPBD Kapuas Hulu dalam melaksanakan tugas penanganan kebakaran, terutama kebakaran pemukiman warga.

"Pelatihan itu penting, agar personel BPBD memahami teknis pemadaman ada ilmu dan keterampilan yang harus mereka kuasai," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa tugas pemadam kebakaran tidak mudah sehingga harus didukung kemampuan, ketangkasan, dan keberanian.

Petugas, ujar dia, tidak boleh panik menghadapi kebakaran, sedangkan dengan keterampilan yang dimiliki maka petugas pemadam kebakaran dapat mengambil tindakan secara profesional dengan paling utama memperhatikan keselamatan dalam bertugas.

Yanto mengatakan pelatihan pemadaman kebakaran tersebut akan rutin dilaksanakan untuk terus mengasah ketangkasan personel BPBD Kapuas Hulu sehingga BPBD setempat dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Tentu kami terus berupaya meningkatkan kemampuan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal mengatasi atau menanggulangi bencana di daerah, terlebih lagi untuk kebakaran di pemukiman warga," kata dia.
Personel BPBD Kapuas Hulu melakukan pelatihan pemadaman kebakaran pemukiman warga untuk menambah ketangkasan dan keterampilan teknis menghadapi bencana kebakaran di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/Teofilusianto Timotius

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024