Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menargetkan capaian Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024, sebesar 95 persen.
 
"Saat ini capaian Sub PIN Polio di Kubu Raya baru 75,1 persen dari target 95 persen," ujar Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman di Sungai Raya, Rabu.
 
 
Ia mengatakan kekurangan dari capaian tersebut, harus dapat dikejar dengan menggerakkan seluruh kader yang ada di Kubu Raya. Kekurangan tersebut sekitar 10.000 anak.
 
"Kami minta kepada puskesmas agar ke depan bisa menggerakkan seluruh kader yang ada. Karena lebih kurang 20 persen itu sekitar 10.000 sasaran," kata Kamaruzaman.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan Sub PIN Polio dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilaksanakan pada 15 Juni 2024 dan tahap kedua direncanakan pada 5 Agustus mendatang.
 
"Adapun yang menjadi sasaran adalah anak umur 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasinya," kata Marijan.
 
Ia mengatakan imunisasi polio bertujuan untuk melindungi generasi penerus bangsa dari bahaya polio. Untuk itu, ia mengimbau agar para kader kesehatan dapat mengedukasi masyarakat.
 
 
"Pemberian imunisasi ini akan melindungi dan menjaga kesehatan anak-anak kita. Saya juga minta kepada petugas dan kader kesehatan untuk memberikan edukasi ke masyarakat tentang imunisasi ini," ucapnya.
 
Sub PIN Polio adalah program imunisasi yang bertujuan memberikan perlindungan terhadap penyakit polio, yakni penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.


Baca juga: Kubu Raya meminta PKK dan Dasawisma aktif kirim data berat badan anak

Baca juga: Pemerintah Jayapura beri imunisasi anak 0-7 tahun cegah polio

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024