Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Ketahanan Pangan menggencarkan kegiatan Gelar Pangan Murah (GPM) menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M dan hal itu untuk memastikan pengendalian inflasi daerah.

"Momen hari besar keagamaan seperti Idul Adha ini dipastikan permintaan akan kebutuhan pangan meningkat. Untuk itulah GPM hadir di sejumlah daerah di Kalbar agar harga stabil dan inflasi terkendali," Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar Herti Herawati saat kegiatan GPM di Halaman Dinas Ketahanan Pangan Kalbar di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa dalam GPM sejumlah komoditas strategis dihadirkan seperti beras, minyak goreng gula pasir, telur ayam, daging sapi dan ayam serta lainnya.

"Komoditas strategis tersebut menjadi kebutuhan utama yang bisa diperlukan masyarakat saat Idul Adha. Dengan itu lah kami hadirkan," papar dia.

Menurutnya khusus dalam GPM di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Kamis (13/6/2024) ini pihaknya menyiapkan 6 ton beras baik jenis premium maupun lokal. Selanjutnya minyak goreng dan gula masing-masing 1 ton.

"Untuk harga tentu di bawah harga pasar. Contohnya beras harga 5 kg di pasar Rp82.000 dan kalau di GPM ini hanya Rp60.000," jelas dia.

Ia mengatakan harga di bawah pasar selain ada subsidi juga produk langsung didatangkan dari agen. Sehingga harga yang didapat masyarakat lebih murah.

"Alhamdulillah masyarakat selalu antusias untuk membeli pangan di GPM digelar. Sasaran GPM kali ini warga Kota Pontianak dan sekitarnya," papar dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024