Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mengatakan, pihaknya berupaya melakukan perekaman data e-KTP pada ribuan pemilih pemula dengan jemput bola guna mendata Penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).
 
"Sampai Februari kemarin sekitar 8.000 pemilih pemula di daerah ini belum melakukan perekaman data e-KTP," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya, Nurmarini di Sungai Raya, Sabtu.
 
Upaya yang dilakuan untuk pendataan DP4 di Kabupaten Kubu Raya pihaknya kian menggencarkan perekaman data kependudukan di tingkat kecamatan dengan pelayanan perekaman yang telah terdapat di sembilan kecamatan dan pihaknya juga melakukan sosialiasi serta imbauan.
 
“Kami juga sudah berikan imbauan dan data penduduk yang belum melakukan perekaman data e-KTP. Sehingga bisa dikejar untuk segera dijaring dan dilakukan perekaman,” tuturnya.
 
Selain menggencarkan upaya perekeman data e-KTP, pihaknya juga memberikan sejumlah kemudahan bagi pemilih pemula agar bisa ikut menggunakan hak suaranya saat pilkada tahun ini.
 
“Jadi tidak mesti yang dibawa ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu hanya e-KTP dalam bentuk fisik saja, tetapi warga yang memiliki hak untuk memilih, juga bisa membawa foto copy KTP dan Identitas kependudukan digital (IKD) ke TPS untuk menggunakan hak suaranya,” ujarnya.
 
Bahkan Dukcapil juga dapat memberikan biodata kepada penduduk di Kubu Raya jika adanya gangguan jaringan untuk pencetakan e-KTP maupun blanko KTP yang belum tersedia.
 
"Maka penduduk bisa membawa biodata penduduk yang kami sediakan ke TPS untuk ikut menggunakan hak pilih atau hak suaranya,” ucapnya.
 
Nurmarini mengatakan, untuk mengejar perekaman data tersebut pihaknya berupaya semaksimal mungkin, seperti melakukan perekaman e-KTP di sekolah-sekolah dengan sistem jemput bola dan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar.
 
"Tentunya kami berupaya maksimal, demi pemilih pemula ini bisa melakukan perekaman e-KTP, karena datanya juga diperlukan untuk Pilkada di Kubu Raya pada November mendatang ini,” ujarnya.
 
Dikatakannya sebelum melakukan perekaman e-KTP di sekolah-sekolah, pihaknya juga menyampaikan data-data pelajar belum melakukan perekaman data e-KTP.
 
Ia juga mengatalan jika pihak sekolah ikut membantu mengarahkan para pelajarnya untuk segera melakuan perekaman data e-KTP di tingkat kecamatan, maupun dari Dukcapil yang menjemput bola dengan memberikan pelayanan perekaman ke sekolah-sekolah di Kubu Raya.

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024