Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) membagikan 41 ekor sapi hewan kurban untuk masyarakat setempat pada Idul Adha 1445 H/ 2024 M.

“Hewan kurban ini kami serahkan kepada pengurus masjid, petugas kebersihan dan untuk masyarakat Kota Pontianak. Harapannya masyarakat dapat bersuka cita menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/ 2024 M,” ujar Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian saat menyerahkan hewan sapi pada perwakilan masyarakat di Kantor Wali Kota Pontianak, Minggu.

Berbagai instansi terlibat dalam penyaluran bantuan hewan kurban tersebut mulai dari ASN di lingkungan Pemkot Pontianak, Bank Kalbar, PT Pelindo, Koperasi Kantor Gubernur Kalbar, BPR Khatulistiwa hingga PDAM Tirta Khatulistiwa.

Ia mengimbau, pengurus masjid dan panitia pemotongan hewan kurban untuk mengurangi penggunaan kantong plastik pada saat membungkus daging hewan kurban. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dengan lingkungan.

Selain itu, menurut Ani Sofian, penggunaan kantong plastik di hewan kurban juga dapat memicu bakteri mikroplastik.

Pihaknya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak juga telah menyiapkan bahan pengganti seperti kantong besek di titik pemotongan hewan kurban.

“Kami sudah membuat surat edaran (SE) menyarankan untuk tidak menggunakan plastik saat pembagian daging hewan kurban. Bisa menggunakan kantong besek, daun pisang,daun jati atau daun simpur,” kata dia.

Terkait pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 H, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pontianak akan menggelar secara berjamaah di Ruas Jalan Rahadi Usman, seperti tahun-tahun sebelumnya. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh PHBI Kota Pontianak. Ani Sofian mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk ikut salat di depan Kantor Wali Kota.

“Saya mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk ikut salat id berjamaah di depan Kantor Wali Kota, mari kita lantunkan takbir, tahlil dan tahmid menyambut hari yang mulia,” sebutnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024