PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pontianak, Kalimantan Barat melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ikut melakukan rehabilitasi terumbu karang di Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang agar ekosistem kelautan sekitar pulau semakin baik.

"Melalui kegiatan ini untuk menambah jumlah terumbu karang yang ada di Pulau Lekumutan. Sehingga memperbanyak biota laut yang ada di perairan dan dapat memperbaiki ekosistem kelautan di sekitar pulau," ujar Manager PLN UPT Pontianak, Sudarto di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa dengan rehabilitasi terumbu karang tersebut juga menjadi bagian untuk mendukung pembangunan taman wisata bahari di Pantai Pulau Lekumutan.

"Pulau Lekumutan menjadi satu di antara destinasi wisata favorit di Provinsi Kalbar. Kekayaan alam dan keindahannya perlu dijaga dan melalui rehabilitasi terumbu karang merupakan bentuk nyata dan komitmen kami ikut memajukan wisata bahari tersebut," kata dia.

Ia menyampaikan dalam program TJSL, sejumlah bantuan diberikan mulai dari pembuatan kerangka transplantasi terumbu karang, persiapan peralatan dan pemasangan kerangka transplantasi terumbu karang serta pemantauan proses transplantasi terumbu karang.

"Sedangkan bantuan untuk pembangunan taman wisata bahari meliputi pembuatan dan pengadaan tempat sampah, pembuatan monumen Pulau Lemukutan dan kursi pengunjung pantai," kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Lemukutan, Ahmad Yusuf mengucapakan terima kasih kepada PLN UPT Pontianak yang telah memberikan sejumlah bantuan melalui Program TJSL.

"Terima kasih atas bantuan PLN. Kami juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta mengundang masyarakat untuk berlibur ke Pulau Lemukutan," ajak dia.

Terkait peresmian kegiatan program TJSL di Pulau Lemukutan sukses digelar pada Kamis, 20 Juni 2024. Dalam kegiatan tersebut hadir Manager PLN UPT Pontianak, Asman Keuangan dan Umum, PIKK UPT Pontianak dan Tim TJSL PLN UPT Pontianak.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024