Polres Pamekasan, Jawa Timur menyambut peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 dengan kegiatan bakti sosial berupa donor darah, pemeriksaan kesehatan, dan khitanan massal gratis.

"Melalui kegiatan ini kami ingin peringatan Hari Bhayangkara bisa menjadi momentum baik bagi semua anggota polisi di Mapolres Pamekasan dalam menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial dan meresapi akan makna sebagai abdi negara yang sebenarnya sebagai pelayan dan pengayom masyarakat," kata Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan di sela-sela kegiatan itu, Jumat.

Sebanyak 84 personel Polres Pamekasan dan perwakilan polsek jajaran pada kesempatan itu mengikuti bakti sosial donor darah. Sedangkan warga yang memanfaatkan pemeriksaan kesehatan sebanyak 87 orang dengan jumlah anak yang dikhitan sebanyak 16 orang.

Donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis digelar di Gedung Bhayangkara, sedangkan khitanan massal di Kantor Sidokkes Polres Pamekasan.

Menurut Kapolres, kegiatan khitanan massal, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan sebagian dari berbagai jenis kegiatan yang digelar Polres Pamekasan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Bhayangkara dengan tujuan untuk memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami melibatkan tenaga medis dari Polres Pamekasan serta didukung oleh tenaga medis umum,” ujarnya.

Ia juga berharap, khitanan massal gratis ini dapat membantu dan mengurangi beban masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga memberikan semangat kepada personel yang melaksanakan donor darah dan peserta khitanan massal serta memberikan bingkisan simbolis kepada anak-anak yang telah dikhitan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ke depan, kami akan terus memaksimalkan pengabdian kepada masyarakat," ucap Kapolres.

Menurut data Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, kepolisian termasuk salah satu institusi yang selama ini aktif melakukan kegiatan donor untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Menurut Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Pamekasan Achmad Syarifullah, saat ini PMI Pamekasan memiliki sebanyak 32.700 pendonor, terdiri atas donor aktif sebanyak 9.700 orang dan donor pasif 23 ribu orang.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024