Desa mandiri di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat saat ini sudah mencapai 102 desa dari jumlah total desa di Kapuas Hulu sebanyak 278 desa.

"untuk Kapuas Hulu sudah tidak ada lagi desa tertinggal atau sangat tertinggal, saat ini rata-rata sudah menjadi desa berkembang, maju dan desa mandiri," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Rupinus, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Rupinus menjelaskan pada Tahun 2024 ini ditargetkan sembilan desa naik status menjadi desa mandiri, akan tetapi terealisasi saat ini sudah 23 desa mandiri, sehingga jumlah total desa mandiri sudah mencapai 102 desa.

Sedangkan, untuk desa maju sebanyak 103 desa dan desa berkembang 73 desa.

Ia mengatakan terus mendorong status desa di Kapuas Hulu meningkat statusnya menjadi desa mandiri.

Untuk menjadi desa mandiri, desa harus dapat melakukan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan desa, pelatihan dan mitigasi bencana.

Selain itu, meningkatkan indeks sosial, ekonomi dan lingkungan, termasuklah pengembangan Badan usaha milik desa (BUMDes) dalam menggali potensi desa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Rupinus berharap masing-masing desa berlomba berinovasi dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dana desa sesuai ketentuan dan aturan berlaku.

"Banyak hal yang bisa dikembangkan di desa, potensi perikanan, wisata dan kerajinan tangan masyarakat dan kepala desa bersama perangkatnya mesti kreatif dan inovatif," pesan Rupinus.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024