Anggota TNI membagikan bendera Merah Putih sebanyak 500 helai di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, dalam menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan RI.

"Bendera tersebut dibagikan kepada warga yang belum memiliki bendera untuk dikibarkan di depan rumahnya guna menyambut dan memperingati hari kemerdekaan," kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Diyanto, di Aruk Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu.



Menurut Diyanto, pengibaran bendera merah putih di depan rumah warga selama bulan Agustus 2024 sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa serta mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan.

Ia mengatakan sebagai warga negara yang baik, rasa nasionalisme dan patriotisme harus terus tertanam dalam mengisi kemerdekaan.

"Kita sudah diwariskan kemerdekaan oleh para pahlawan yang rela berkorban jiwa raga untuk Indonesia merdeka, oleh karena itu kemerdekaan itu harus kita isi dengan kegiatan positif, berkarya dan membangun bangsa," katanya.

Selain membagikan bendera merah putih, kata Diyanto, dalam kegiatan itu juga dilakukan penanaman pohon di kawasan PLBN Aruk dengan jumlah 111 batang bibit kayu ulin dan 20 batang bibit jeruk.

Ia berharap dengan penanaman pohon tersebut dapat dijadikan sebagai momentum agar warga perbatasan turut serta menjaga dan melestarikan lingkungan.

Diyanto juga berpesan agar masyarakat turut serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini dengan melibatkan generasi muda dengan berbagai perlombaan dan kegiatan positif lainnya.

"Kita ingin anak muda aktif dalam berbagai kegiatan positif di tengah masyarakat agar terhindar dari pergaulan bebas serta penyalahgunaan narkotika, Mari kita isi kemerdekaan dengan prestasi generasi muda yang berkualitas menuju Indonesia emas," katanya.



 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024